Perlunya Keseragaman Data Sarana dan Prasarana Di Lingkungan UB

Paparan Adriani Kusumawati dalam sosialisasi kajian dan pemetaan sarana prasaranaDemi mewujudkan peningkatan dan pelayanan kinerja di lingkup institusi, lembaga pengkajian dan Pengembanga Pendidikan Universitas Brawijaya (LP3 UB) menyelenggarakan sosialisasi kajian dan pemetaan sarana dan prasarana pembelajaran bagi dosen serta tenaga kependidikan, Jumat (18/12/2015), di ruang sidang gedung rektorat. Acara ini juga dihadiri kepala tata usaha dan Kasubag perlengkapan dan umum dari seluruh fakultas yang berada di UB.

Dalam paparannya, Andriani Kusumawati selaku ketua pusat pengembangan manajemen LP3 UB menjelaskan jika saat ini perlu adanya standar peningkatan mutu pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi UB serta menuju ke taraf yang lebih tinggi (internasional). Hal ini bertujuan untuk menjamin agar layanan pendidikan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan tidak hanya berlaku pada tenaga pengajar tetapi juga sarana dan prasarana yang menjadi fasilitas penunjang belajar. “Beberapa sarana dan prasarana yang perlu diperhatikan tidak sebatas pada seperti ruang kelas, laboratorium atau gedung belajar, namun tempat-tempat penunjang seperti ketersediaan tempat beribadah, kantin, lahan olahraga, ruang baca atau perpustakaan hingga toilet,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pembaruan sarana dan prasarana juga menjadi tolok ukur standar mutu pendidikan khususnya akreditasi universitas. Maka dari itu perlu adanya keseragaman data dan bentuk penyajian data infrastruktur di tiap-tiap fakultas di UB sesuai SNPT dan aturan yang berlaku. Masing-masing fakultas diharapkan nantinya dapat mengirimkan berbagai data kepemilikan sarana dan prasarana, mulai dari tanggal kepemilikan, masa berlaku atau pemakaiannya, hingga kelengkapannya. Hal ini berfungsi untuk keseragaman data antara LP3 dan fakultas. Karena kendala saat ini masih banyaknya ketidak cocokan data diantara keduanya. “Memang masih banyak pembenahan yang harus dilakukan, terutama sinkronisasi data. Kedepannya, LP3 akan bekerjasama dengan UPPTI untuk membuat bentuk penyajian data yang seragam dan dapat di update setiap tahunnya secara online,” pungkasnya. [Indra/Humas UB]