Pengenalan Area Penelitian Lab Sistem Informasi FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui Laboratorium Sistem Informasi (Lab SI) menyelenggarakan kegiatan pengenalan area penelitian Lab Sistem Informasi bagi mahasiswa sebagai persiapan menghadapi skripsi (4/7-7/7/2022) secara daring. Ketua panitia Diah Priharsari, ST.,MT., Ph.D. mengatakan kegiatan tersebut diadakan dalam rangka membantu mahasiswa-mahasiswa untuk mendapatkan topik skripsi lebih cepat sehingga bisa mempercepat kelulusannya. Kegiatan tersebut sekaligus memperkenalkan berbagai penelitian di laboratorium Sistem Informasi.

Melalui acara tersebut, mahasiswa berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan dosen-dosen Laboratorium Sistem Informasi dan akan mendapatkan banyak penjelasan mengenai berbagai topik penelitian, antaralain mengenai tranformasi digital, perkembangan media sosial, pemanfaatan AI, Big Data/Data Mining dan IT Governance.

Selain untuk keperluan skripsi, mahasiswa juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ide-ide yang akan digunakan di dalam sebuah kompetisi atau perlombaan serta menambah wawasan mengenai perkembangan IT di era modern saat ini.

Pada hari pertama pemaparan Diah Priharsari menjelaskan mengenai topik-topik terkait digital transformation. Dilanjutkan dengan Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A yang menyampaikan topik-topik terkait Technology for sustainability dan business process analysis dan ditutup dengan penjelasan dari Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT mengenai topik-topik terkait IT Governance, business process analysis, cryptocurrency.

Pada hari kedua materi pertama disampaikan Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. mengenai topik-topik berpikir komputasi; pengembangan sistem instruksional jarak jauh dilanjut pemaparan Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. mengenai UI/UX; Teknologi integrasi; Mobile application dan ditutup oleh Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. yang menjelaskan topik-topik UI/UX dan learning experience design.

Di hari ketiga materi pertama disampaikan Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D. yang menjelaskan topik-topik technology in education sectors dilanjut Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. yang menyampaikan topik-topik data mining (EMIS) dan ditutup Welly Purnomo, ST., M.Kom yang menyampaikan topik-topik data management, data analytics, business intelligent.

Sebagai penutup di hari terkahir materi disampaikan oleh Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. yang menjelaskan topik-topik terkait dengan desain berorientasi manusia dan tata kelola sistem informasi. Harapanya dengan diselenggarakannya kegiatan ini, selain mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa demi kebutuhan skripsi yaitu menjadi wadah silahturahmi antara dosen dan mahasiswa FILKOM untuk lebih kenal satu sama lain di luar situasi pembelajaran mata kuliah dalam kelas.[drn/Humas UB]