Penandatanganan Perjanjian Kerjasama STIPER dan FILKOM UB

Pada 18 Desember 2020 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali melakukan penandatanganan kerjasama pelaksanaan kegiatan kurikulum merdeka perguruan tinggi. Kali ini dengan Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur (STIPER), Sangatta, Kalimantan Timur. Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan FILKOM, perwakilan Pemerintah Daerah Kutai Timur dan pimpinan STIPER. Acara berlangsung di aula gedung G FILKOM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. selaku Dekan FILKOM. Beliau menyampaikan terima kasih atas kedatangan perwakilan STIPER dan Pemda Kutai Timur. Harapannya ke depan akan semakin banyak Kerjasama yang bisa terjalin untuk peningkatan kualitas dan akreditasi kedua belah pihak.

“Untuk kerjasama ini bagaimana nanti kita tinggal mencocokkan. Sekarang yang lagi trend ada decision support system agriculture. Bagaimana penerapan IT untuk bidang pertanian. Bisa saja nanti kami menyelenggarakan kelas untuk itu dan bila perlu diampu bersama dengan dosen pertanian STIPER supaya bisa memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa. Misalkan ini lho pertanian masa depan seperti ini atau kemudian penerapan sistem informasi geografis itu seperti apa. Kemudian bisa juga kegiatan lain. Mungkin conference atau seminar bersama. Setiap tahun kami menyelenggarakan seminar ilmiah. Bisa jadi kalau memungkinkan suatu saat pelaksanaannya disana join penyelenggaraan. Atau STIPER menyelenggarakan conference, kami diundang sebagai narasumber itu juga bisa. Jadi intinya kami sangat terbuka sekali dengan kerjasama ini,” ujar Wayan.

Kemudian sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kutai Timur sekaligus pembina STIPER, Drs. H. Irawansyah, M.Si. dan juga Prof. Dr. Ir. Juraemi M.Si. selaku Ketua STIPER. Drs. Irawansyah memberikan apresiasi atas kerjasama ini. Diharapkan dengan kerjasama ini kedepannya akan membawa Kutai Timur menjadi lebih baik, khususnya dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Ini sangat penting untuk Kutai Timur, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama akan banyak perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke Kutai Timur. Itu akan membutuhkan tenaga kerja yang luar biasa. Tentu nanti STIPER dengan kerjasama ini kita arahkan untuk bisa meningkatkan kemampuan komputer mahasiswanya. Jangan sampai nanti orang luar yang masuk ke daerah kita banyak. Oleh sebab itu sumber daya manusia ini yang harus kita persiapkan, supaya mahasiswa lulusan STIPER bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di daerah kita saja saya rasa,” ungkap Drs. Irawansyah.

Acara berlanjut pada sesi utama yaitu penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Dekan FILKOM UB dan Ketua STIPER. Kemudian diteruskan dengan foto bersama dan ramah tamah. [dna]