Pelantikan 34 Dokter Spesialis FKUB

Sebanyak 34 Dokter Spesialis baru Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis (PS – PDS) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) pada Selasa(27/2/2024) secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Dekan FKUB Dr. dr. Wisnu Barlianto, M,Si.Med, SpA(K).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Grahamedika Lantai 2 FKUB ini turut dihadiri oleh jajran pimpinanan Dekanat FKUB, Perwakilan Direktur RSSA Malang, Perwakilan Ikatan Alumni FKUB serta kelaurga para lulusan dokter spesialis baru.

Dalam sambutannya Sekretaris Departemen Spesialis dan Sub Spesialis FK UB Dr. dr. Agustin Iskandar, M.Kes., Sp.PK(K), menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada dokter spesialis baru yang telah meneyelesaikan jenjang pendidikan pada level spesialis dengan lancar serta mampu menyelesaiakn studinya dengan tepat waktu.

Disampaikan juga bahwa pada pelantikan hari ini total peserta sebanyak 34 orang dengan rincian, dari program studi Dermatologi dan Venereologi sebanyak 2 orang, dari program studi Orthopedi dan Traumatologi 8 orang, dari program studi Penyakit Dalam 2 orang, dari program studi Anestesiologi dan Terapi Intensif sebanyak 4 orang, dari program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi 8 orang, dari program studi Ilmu Kesehatan T.H.T.B.K.L 1 orang, dan dari program studi Neurologi 1 orang serta dari program studi Urologi sebanyak 3 orang.

Diakhir laporannya, Agustin berpesan agar setelah ini para lulusan dapat mengabdikan kompetensi spesialisnya sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Teman-teman sejawat dokter spesialis baru yang saya hormati dan saya banggakan, setelah sekian tahun menempuh pendidikan spesialis, saat ini kita waktunya untuk menerapkan dan mengabdikan kompetensi yang sudah didapatkan kepada masyarakat”.

“Pendidikan dokter spesialis perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Pendidikan yang berkualitas tentu akan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat begitu pula sebaliknya, akhir kata selamat mengabdikan kompetensi spesialisnya semoga bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sedangkan Dekan FKUB Dr. dr. Wisnu Barlianto, M,Si.Med, SpA(K), dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal. Selain berpesan kepada lulusan untuk selalu mengambil hikmah atau pelajaran dari banyak hal yang telah didapatkan diperkuliahan, tidak hanya terkait dengan keilmuan tetapi juga softskill. Dr. Wisnu juga berharap para lulusan membantu program pemerintah dalam upaya pemerataan tenaga kesehatan.

“Jadi salah satu masalah yang krusial yang belum terselesaikan dari tahun ketahun terkait dengan tenaga kesehatan adalah pemerataan tenaga kesehatan. Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan kegiatan pemberdayagunaan dokter spesialis yang saat ini memang sifatnya tidak wajib bukan seperti dulu (PKPS) tetapi ini sukarela, tetapi saya kira ini sangat signifikan sekali kalau adik-adik bisa mengikuti , selama satu tahun berada di tempat-tempat yang sudah ditentukan, membantu meningkatkan kesehatan juga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat Indonesia yang tidak hanya di Jawa tetapi juga di luar Jawa,” ujar Wisnu.

Diakhir sambutannya dr. Wisnu juga berpesan untuk selalu menjaga nama baik almamter serta selalu berkompeten terhadap

“Saya berharap kepada adik-adik setelah menjadi alumni bisa tetap menjaga nama baik almamater karena nanti kalau ada sesuatu dan lain hal, pasti ditanya lulusan mana? Saya kira kita ingin mendapatkan hal yang positif karena prestasinya. Dan itu akan sangat membanggakan sekali bagi UB. Jangan sampai karena ada suatu hal negatif  yang saya kira itu akan membuat malu dan mencoreng nama baik almamter.  Dan kami berharap adik-adik bisa bekerja dengan baik, berkompeten dan selalu membawa hal-hal yang baik untuk menharumkan almamter kita,” pesannya. (ron/humasub)