Pasca Pemilu, Magister Ilmu Komunikasi Bedah Relasi Media dan Politik di Era Digital

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya menyelenggarakan acara kuliah umum yang bertajuk “Relasi Media dan Politik dalam Praktik Komunikasi Politik di Era Digital”, Selasa (20/2/2024), .

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung FISIP C Universitas Brawijaya, dengan menghadirkan narasumber Prof. Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM seorang pakar di bidang komunikasi politik yang juga Dekan FISIP UB. Dia membagikan wawasan serta pengetahuannya mengenai relasi media dan politik dalam konteks praktik komunikasi politik, khususnya dalam era digital yang berkembang pesat saat ini.

Prof Anang Sujoko menjelaskan bahwa di dalam fenomena komunikasi politik dan New Media terdapat beberapa teori baru yang muncul yang berkaitan dengan new media dalam kontens politik.

“Salah satunya Accounting Media Theory, fenomena flaxing menjadi fenomena komunikasi politik ketika dilakukan oleh tokoh-tokoh politik. Kemudian memunculkan aksi judging sehingga media dapat menjadi sebuah penghakiman bagi seseorang,” ucapnya.

Menurut Anang Sujoko, hubungan antara media sosial dengan media mainstream dapat memunculkan sebuah relasi. Relasi mempengaruhi ideologi ketika ideologi memiliki kekuasaan sehingga akan mempengaruhi regulasi-regulasi.

“Serta perubahan ideologi media, satu issue dapat diberitakan dalam berbagai sudut pandang tergantung ideologi medianya,” paparnya.

Praktek-praktek media yang ada di Indonesia kata Anang Sujoko, cenderung menciptakan oligopoli media, karena Indonesia cenderung menciptakan oligopoli media karena praktik divergensi media (1 konten untuk berbagai media) dan media mogul adalah ketua parpol dan elite pemerintahan (afiliasi media dengan politik).

Acara kuliah umum ini diharapkan akan memberikan wawasan baru serta pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana media dan politik saling berinteraksi dalam praktik komunikasi politik, terutama dalam era digital yang serba canggih dan dinamis. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan ganjil dan genap tahun 2023/2024. (mgstr/Humas FISIP/OKY/Humas UB)