P3AP Gelar Workshop Riset dalam Bidang Akademik

Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional (P3AP) yang berada di bawah Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Workshop Riset dalam bidang Pendidikan untuk Jurnal Bereputasi. Workshop ini mengajak dosen-dosen terutama dalam ilmu keguruaan untuk mempublikasikan hasil riset tentang pendidikan pada jurnal yang diterbitkan P3AP, Kamis (28/7/2022).

“Hari ini kegiatannya adalah workshop untuk jurnal  tentang riset-riset dalam bidang pendidikan. Harapannya di P3AP punya jurnal yang terakreditasi sinta 3 artinya kita sudah punya jurnal yang diakui keberadaannya oleh DIKTI,”kata Ketua Pelaksana Prof. Dr. Eng. Widya Wijayanti.

Prof. Widya mengatakan melalui workshop tersebut sivitas akademika diajak untuk menghasilkan artikel jurnal yang baik dan diakui khalayak umum.

“Ada beberapa tips atau jurus menulis artikel di jurnal internasional yang mungkin bagi sebagian pendidik belum diketahui. Oleh karena itu, kita berinisiatif mengadakan pelatihan yang nanti outputnya bisa menghasilkan artikel-artikel untuk dipublikasikan di jurnal internasional,”katanya.

Salah satu pemateri dari Presiden The Association for Teaching as A Foreign Language in Indonesia Prof. Utami Widiati membawakan materi tentang Orientasi Riset Bidang Pendidikan Pasca Pandemi Untuk Publikasi di Jurnal Internasional.

Dalam pemaparannya Prof Utami menjelaskan Pandemi COVID yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 menyebabkan terjadinya perubahan pada kurikulum, gaya mengajar atau pedagogi, dan pengelolannya.

Dia mengatakan berdasarkan survey yang dilakukannya secara online terkait artikel ilmiah yang mengulas Pendidikan di masa pandemic antaralain sejak tahun 2020 hingga 2022 ada sebanyak 60 persen artikel atau jurnal Pendidikan yang disitasi mengangkat tema tentang COVID-19, sementara dari 50 teratas artikel bertema Pendidikan Bahasa yang disitasi hanya 10 persen yang berhubungan dengan COVID-19.

Pembicara yang lain, DR. Ani Budi Astuti Dalam pemaparannya menjelaskan mengenai Langkah metode ilmiah dalam riset Pendidikan.

Langkah metode ilmiah tersebut meliputi
Observasi awal rumusan masalah perumusan hipotesis, rancangan penelitian, penelitian lapangan, kesimpulan evaluasi dan pengulang dan laporan hasil.

Ani juga menjelaskan beberapa jenis penelitian. Dilihat dari sudut penerapan hasil, penelitian dapat dikelompokkan ke dalam penelitian dasar dan terapan.Dan dilihat dari sudut proses atau metode penelitian dapat dikelompokkan ke dalam penelitian historis, deskriptif, eksperimen, korelasional, Tindakan kasus, dan perkembangan.

“Beberapa contoh judul penelitian kualitatif seperti Analisis Posisi Kepala Sekolah dalam Upaya meningkatkan Kinerja para Guru; Analisa Pengambilan Keputusan dalam menentukan suatu produk ditinjau dari mereknya. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif contohnya adalah Dampak penggunaan Metode Pembelajaran yang Efektif Dalam Suatu Pembelajaranm Analisis Pelakasanaan Bimbingan Konseling (BK) di SMA Negeri 1 Tuban, dan lain sebagainya,”katanya.(OKY/Humas UB).