Opening Ceremony Brawijaya-Rajamangala International Class (BRIC)

2012_20160801104255Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan opening ceremony Rajamangala International Class (BRIC) Jumat (29/7/2016) di ruang seminar lt.6 Gedung Dekanat Fapet UB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I, dekan dan beberapa dosen dari kedua universitas serta mahasiswa BRIC.

BRIC merupakan implementasi program kerjasama di bidang akademik antara Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) dengan Faculty of Science and Agricultural Technology Rajamangala University of Technology,Lanna, (RMUTL) Thailand. Kerjasama yang telah disepakati pada bulan Oktober 2015 lalu ini mengenai pengembangan kelas Internasional yang bertujuan meningkatkan reputasi Fapet UB dan RMUTL ke kancah dunia serta memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa agar mampu bersaing secara internasional.

Kelas Internasional tersebut diikuti oleh 30 mahasiswa yang terdiri dari 14 mahasiswa RMUTL dan 16 mahasiswa Fapet UB. Mereka akan menempuh kuliah selama satu semester yakni pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017 yang dimulai pada awal Agustus ini. Kegiatan perkuliahan tersebut berlangsung selama 18 minggu yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama selama tujuh minggu dilaksanakan di Fapet UB hingga pelaksanaan UTS pada minggu ke 8 sampai 9. Mereka akan melanjutkan perkuliahan di RMUTL pada awal Oktober mendatang. Mahasiswa BRIC ini juga diberikan kesempatan selama satu sampai dua bulan untuk melakukan kegiatan magang.

Dalam kelas tersebut tenaga pengajar berasal dari kedua universitas yang akan mengajarkan enam mata kuliah yang telah disinkronisasikan konten ruang lingkup materi, sekuens pokok bahasan, dan tugas praktikum. Mata kuliah tersebut antara lain Integrated Farming Systems, Ruminant Nutrirtion, Dairy Production and Industry, Poultry Production and Industry, Agribusiness of Livestock Production, dan Animal Waste Management.

Pada kesempatan tersebut Prof.Dr.Ir. Kusmartono selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Brawijaya memaparkan bahwa Rektor dan semua staf UB mendukung kegiatan kelas Internasional. Dia juga berharap para mahasiswa BRIC dapat mempelajari hal-hal baru untuk memperoleh pengalaman baru  sehingga membuka wawasan tentang dunia peternakan yang lebih luas. (dita/Humas UB)