Mahasiswa Kenalkan Jasuke Sebagai Panganan Sederhana Namun Kaya Gizi

Kelompok Mahasiswa Membangun Desa (MMD) 853 Universitas Brawijaya (UB) mengenalkan makanan bergizi sederhana berkolaborasi dengan anak-anak Sekolah Dasar Negeri Bogoarum 2 dalam kegiatan kreatif “Praktik Pembuatan Jasuke Bersama” tersebut untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pola makan sehat sejak usia dini. Cara ini merupakan bagian dari upaya MMD kelompok 853 untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar melalui pendekatan edukasi.

JASUKE, singkatan dari “Jagung Susu Keju,” dipilih sebagai fokus kegiatan karena ketersediaan dan kandungan gizinya yang cukup lengkap dan cocok untuk tumbuh kembang anak.

Para mahasiswa menyadari pentingnya memperkenalkan makanan bergizi sejak dini untuk membantu mengatasi masalah gizi buruk yang masih menjadi perhatian serius di beberapa daerah pedesaan. Kegiatan pembuatan JASUKE ini dilaksanan pada tanggal 25 Juli yang  berlangsung di ruangan kelas 6 SDN Bogoarum 2 dan dipimpin langsung oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan oleh beberapa mahasiswa tentang pentingnya makanan sehat dan gizi yang seimbang bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Mereka juga mengenalkan komponen-komponen dari jasuke, seperti jagung, susu, dan keju, serta penjelasan tentang manfaat nutrisi dari masing-masing bahan. Setelah pemaparan, para siswa-siswi dengan antusiasme melibatkan diri dalam proses pembuatan jasuke.

Dengan bimbingan mahasiswa, siswa-siswi diarahkan membentuk kelompok untuk mencuci tangan sebelum kegiatan, kemudian tiap kelompok dibagikan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan JASUKE kemudian mencampurkan bahan-bahan dengan semangat penuh. Tawa riang pun mengiringi kegiatan ini, menciptakan suasana yang menyenangkan dan mempererat rasa kebersamaan.

“Saya senang bisa belajar membuat JASUKE hari ini bersama teman-teman dan kakak-kakak mahasiswa. Rasanya enak, dan saya ingin membuatnya lagi di rumah bersama keluarga,” kata Cantika salah seorang siswi yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ketua Kelompok MMD 853 UB Muhammad Naufal Majid, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kontribusi mereka dalam membantu meningkatkan kualitas pola makan di masyarakat pedesaan. Ia berharap bahwa melalui pengenalan makanan bergizi ini, anak-anak akan semakin tertarik untuk mencoba dan mengonsumsi makanan sehat.

“Dengan mengenalkan JASUKE, kami berharap bisa membantu mengatasi masalah gizi buruk dan menyumbangkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya makanan bergizi bagi pertumbuhan anak-anak. Semoga kegiatan ini juga dapat menginspirasi masyarakat untuk menciptakan menu-menu sehat lainnya dengan bahan-bahan lokal yang mudah didapatkan,” ungkap Naufal.