Mahasiswa Gandeng SDN Bedali 04 Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kegiatan Menggambar dan Mengenal Perikanan Kelautan

Taruna desa merupakan salah satu program kerja dibawah Kemenkoan Pengabdian BEM FPIK Universitas Brawijaya.

Program kerja tersebut bergerak di bidang pengabdian masyarakat yang berlokasi di Dusun Sengkrakan, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Salah satu kegiatan di Taruna Desa adalah pengajaran di SDN Bedali 04. Visi dari pengajaran sendiri adalah meningkatkan kreatifitas siswa, literasi, dan semangat belajar dari anak-anak SDN Bedali 04.

Kegiatan taruna desa tersebut diisi dengan berbagai kegiatan literasi, pembuatan keterampilan, dan menerapkan sistem fun learning pada setiap pertemuan. Pengajaran ini dilakukan setiap hari sabtu.

Staff dan volunteer Taruna Desa yang menggandeng Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan mengawali kegiatan pengajaran dengan senam pagi.

Senam ini bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak sehingga tidak mengantuk saat pengajaran berlangsung.

Senam yang dilakukan menggunakan senam ceria anak Indonesia dan beberapa lagu senam yang tentunya cocok untuk anak-anak.

Selain senam pagi, juga sering diterapkan kerja bakti yang dilakukan setiap 3 minggu sekali. Kerja bakti ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa SDN Bedali 04 akan pentingnya menjaga kebersihan, selain itu kerja bakti juga akan melatih sikap kerja sama pada setiap individu.

Setelah melakukan senam pagi atau kerja bakti, seluruh siswa diarahkan masuk kelas dan kegiatan belajar mengajar di kelas diawali dengan berdoa.

Kesadaran siswa-siswi SDN Bedali 04 mengenai berdoa sebelum melakukan sesuatu sudah tergolong tinggi. Mereka selalu berdoa dengan khusyuk dan tidak gaduh. Setelah berdoa, 15 menit awal digunakan untuk kegiatan literasi. Siswa kelas 1,2, dan 3 menggunakan sistem mendengar dan menulis. Mereka mendengarkan dongeng yang disampaikan Mahasiswa UB kemudian merangkum pada buku literasi yang sudah disediakan. Sedangkan siswa kelas 4,5, dan 6 menggunakan sistem membaca dan me-review, 10 menit awal mereka membaca buku dan 5 menit me-review dari apa yang telah dibaca.

Kegiatan Membuat Keterampilan dari Sampah

Berbagai kegiatan pengajaran yang bervariasi tiap minggunya mendapat sambutan yang menarik dari setiap guru dan siswa SDN Bedali 04. Salah satunya adalah kegiatan menanam kecambah dan membuat kerajinan dari barang bekas. Tujuan dari menanam kecambah untuk melatih sikap kepedulian terhadap makhluk hidup dan menambah wawasan tentang pengetahuan alam. Dalam kegiatan tersebut mereka diminta menjaga gelas berisi biji kacang hijau hingga menjadi kecambah. Bahkan, mereka merawat dan menjaganya dengan hati-hati. Hal ini tentunya juga akan menambah tingkat kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan melatih anak-anak untuk memiliki sikap tanggung jawab terhadap suatu hal. Kegiatan menanam hanya membutuhkan alat dan bahan yang sederhana yaitu gelas plastik bekas, kapas sebagai media tanam, dan biji kacang hijau, dengan peralatan sederhana akan memberi dampak yang besar pada anak-anak.

Kegiatan membuat keterampilan dari barang bekas juga diterapkan dalam pengajaran Taruna Desa 2022. Hal ini juga mendapat respon yang sangat baik dari anak-anak SDN Bedali 04. Sebelum membuat keterampilan, mereka diberi materi tentang sampah. Dimulai dari pengertian sampah, jenis sampah, dan dampak apabila membuat sampah sembarangan. Ternyata, banyak anak-anak yang belum mengetahui apa saja dampak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan keterampilan barang bekas ini diharapkan dapat mengubah mindset mereka yang mengatakan bahwa sampah itu tidak bisa digunakan lagi.

Selain kedua kegiatan tersebut masih banyak lagi kegiatan yang tentunya bertujuan untuk mengembangkan pola piker dari anak-anak SDN Bedali 04. Semua kegiatan yang diterapkan mendapatkan respon yang baik dari pihak SDN Bedali 04 bahkan seluruh masyarakat Dusun Sengkrakan.

‚ÄúDengan adanya mahasiswa Brawijaya yang membantu pengajaran di SDN Bedali 04, membuat siswa lebih senang belajar karena materi yang dibawakan sangat menarik dan asik. Selain itu, karena dibantu mahasiswa SDN Bedali 04 banyak perubahan di sini. Diantaranya beberapa kegiatan seperti persami, agustusan, dan sebagainya,”kata Isma selaku Guru SDN Bedali 04. (*/Humas UB).