Mahasiswa FKH Edukasi Masyarakat Desa Pucakwangi Terkait Bahaya Gigitan Tikus

Frida (pinggir kanan) dan drh. Shelly Kusumarini, R., M.Si (depan tengah)

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKH UB) Frida Ayu Salsana Billa melakukan Pengabdian Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada 20 kepala keluarga Kelompok Tani masyarakat Desa Pucakwangi, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Minggu (15/8/2021).

KKN tematik yang dibawah bimbingan drh. Shelly Kusumarini, R., M.Si tersebut terkait edukasi zoonosis yang disebabkan oleh gigitan tikus.

“Secara umum, masyarakat sudah cukup memahami mengenai zoonosis yang diakibatkan oleh tikus, akan tetapi belum mengetahui tindakan preventif dan pengobatannya. Mengingat di lingkungan sekitar pemukiman warga setempat sering dijumpai adanya tikus, masyarakat dituntut harus lebih waspada. Melalui sosialisasi ini, kami berharap agar warga setempat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga anggota keluarga dari gigitan tikus,”kata Fhida.

Rat bite fever adalah salah satu penyakit demam sistemik yang diakibatkan gigitan dari seekor tikus.

Kasus ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat menjadi serius apabila tidak segera ditangani dengan tepat.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan bagaimana gejala yang timbul akibat gigitan tikus, bagaimana pertolongan pertama yang tepat, serta pencegahan agar terhindar dari gigitan tikus.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat mengingat anggota keluarga saya pernah mengalami gigitan tikus dan tidak menangani dengan cara yang tepat. Akhirnya sekarang saya memahami bahwa hal seperti ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat berakibat fatal,” kata salah satu warga Hasan.

Frida berharap ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dengan mudah.

“Adanya sosialisasi ini juga bermanfaat bagi kami untuk mengasah kemampuan dalam public speaking dan percaya diri,”katanya. (FASB/FKH UB)