Mahasiswa Fapet UB Ikuti Ajang Internasional IYSCA 2016

Mahasiswa Fapet UB Ikuti Ajang Internasional IYSCA 2016Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengikuti ajang International Youth Symposium on Creative Agriculture  (IYSCA) 2016 Rabu (27/7/2016) di Kampus IPB Dramaga. Mereka terdiri dari Ilham Ardhiansah, Wiwik Sri Lidyawati, Achmad Iqbal Arif Hakim, dan Kholifatus Sholiha. Mahasiswa kelas bahasa inggris angkatan 2014 ini mengulas penelitian berjudul “Developing Indonesian Native Chicken as New Candidate of Functional Meat Through Phytobiotic as Feed Additive.”

Menurut Ilham, perwakilan tim yang melakukan presentasi di IPB, Indonesia memiliki ayam asli khas Indonesia atau yang lebih dikenal ayam kampung namun pemasarannya masih tertinggal apabila dibandingkan dengan ayam broiler. Menyiasati hal tersebut satu-satunya peserta yang berasal dari Universitas Brawijaya ini menciptakan phytobiotic yang terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, mengkudu, dan jahe sebagai pakan tambahan (feed additive). Produk tersebut berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dan peforma ayam kampung sehingga diharapkan mampu menaikkan minat daya beli masyarakat terhadap daging ayam tersebut.

IYSCA merupakan bagian dari International Association of Students in Agricultural and Related Sciences(IAAS) world congress ke-59, dimana semua pemuda kreatif dari seluruh dunia menciptakan sesuatu yang berdampak bagi dunia dengan menjabarkan ide-ide melalui karya ilmiah. IYSCA merupakan panggung bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan, keahlian, pengalaman, dan isu-isu melalui ide-ide yang tertuang dalam karya ilmiah menuju kemajuan pertanian dan ilmu yang terkait. Tahun 2016 ini IYSCA mengusung tema “Creative Agriculture” dengan diikuti 19 tim dari 42 negara di seluruh dunia. (dita/Humas UB)