LPP UB Adakan Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI

Peserta Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI gelombang I
Peserta Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI gelombang I

Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Brawijaya (LPP UB) melalui Pusat Pengembangan Aktivitas dan Teknologi Pembelajaran (P2ATP) menggelar Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI dalam Era Transformasi Digital Bagi Dosen Universitas Brawijaya Gelombang 1. Acara tersebut berlangsung di Laboratorium Micro Teaching Gedung Layanan Bersama Lt. 10 Universitas Brawijaya pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pusat LPP UB beserta timnya dan 40 perwakilan dosen dari berbagai fakultas di lingkungan UB.

Ketua LPP UB, Prof. Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes.,Sp.ParK, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dosen yang telah mengikuti kegiatan workshop. Prof. Loeki menekankan bahwa peserta yang mendapatkan sertifikat adalah mereka yang mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Beliau juga menambahkan bahwa sejak 15 Februari 2023, Rektor UB telah mencanangkan UB sebagai Kampus AI. Dalam konteks ini, beberapa unit di harapkan dapat membantu dalam mengembangkan  teknologi AI, sehingga dengan adanya teknologi  AI ini,dapat terintegrasi baik dalam pendidikan maupun dalam riset .

“Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI ini akan diadakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada hari ini dan gelombang ke dua akan dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2024,” tambah Prof. Loeki.

Prof.Dr. Agustin Krisna Wardani, S.TP., M.Si., Staff Ahli Wakil Rektor I, membuka acara dengan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting. Dengan adanya AI, baik dosen maupun mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan manfaat yang besar. Dosen akan dimudahkan dalam pencarian dan penyajian materi pembelajaran, serta memberikan penilaian yang lebih akurat terhadap mahasiswa.

“Walaupun teknologi AI memiliki banyak manfaat, kita juga harus menyadari bahwa AI memiliki kelemahan. Kita sebagai dosen harus bijak dalam memanfaatkannya. Dengan harapan, AI dapat meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan dapat memberikan solusi di tengah beban yang semakin banyak,” tukas Prof. Agustin

Meskipun AI memberikan banyak keuntungan, kita juga harus waspada terhadap dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya. Workshop ini diharapkan dapat memberikan manfaat sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Pemateri tentang Pemanfaatan AI untuk persiapan mengajar pembuatan RPS, penentuan CPMK, penentuan jenis asessment, pembuatan rubrik asessment adalah Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T sedangkan Aswin Suharsono, S.T., M.T. menyampaikan materi tentang Pemanfaatan AI untuk pembuatan bahan ajar, modul ajar, slide presentasi, soal asessment,serta penilaian asessment. (WDD)

Prof.Dr. Agustin Krisna Wardani, S.TP., M.Si., Staff Ahli Wakil Rektor I,saat memberikan sambutan
Prof.Dr. Agustin Krisna Wardani, S.TP., M.Si., Staff Ahli Wakil Rektor I,saat memberikan sambutan.
Peserta sangat antusias mengikuti Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI
Peserta sangat antusias mengikuti Workshop Pembelajaran Inovatif berbasis AI