Tim Pengmas FIB Sosialisasikan Gerakan Literasi Nasional

Tim Pengabdian Masyarakat FIB Sedang Berdiskusi Dengan para Guru SDKr Lentera Pengharapan YBPK

Sekolah Dasar Kristen Lentera Pengharapan YBPK (SD.Kr. YBPK) Ngaglik, Malang merupakan salah satu SD yang menjadi tempat belajar bagi anak-anak, khususnya yang berasal dari wilayah Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, kota Malang.

Berdasarkan hasil observasi tahun 2019, tingkat literasi siswa sekolah tersebut dikategorikan sebagai literasi dini.

Kondisi tersebut mendorong Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru dalam melakukan tahap pembiasaan kegiatan membaca, serta melakukan pengadaan buku bacaan, buku teks bahasa Indonesia, serta poster bertema literasi.

Tim yang terdiri dari Aris Siswanti, S.S., M.Pd., Eni Maharsi, M.A., dan Melania Shinta Harendika, M.A., melaksanakan lokakarya terkait pengembangan gerakan literasi sebagai lanjutan tahap pembiasaan yang telah dilaksanakan oleh tim pengabdian di tahun 2019.

Dalam lokakarya yang dilaksanakan pada Kamis (6/8/2020) mereka berdiskusi dengan guru mengenai apa saja yang telah dilaksanakan selama tahap pembiasaan, kendala yang muncul dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada lokakarya ini pula, mereka juga mempresentasikan beberapa cara pengembangan gerakan literasi memalui program membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca interaktif. Tim Pengabdian kepada Masyarakat juga menyerahkan bantuan berupa papan cinta literasi yang akan digunakan dalam kegiatan membaca guna meningkatkan motivasi siswa dalam membaca dan merespons bahan bacaan.

Rencananya, Tim Pengabdian kepada Masyarakat FIB UB akan datang kembali ke sekolah tersebut untuk bertemu dengan siswa-siswi yang tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring. Selanjutnya, mereka akan menyerahkan bantuan kepada pihak sekolah berupa buku besar, buku cerita bergambar, dan alat tulis kepada siswa. (DTS/Humas UB).