Kunjungan dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UIN Raden Intan Lampung

Perpustakaan Universitas Brawijaya  menerima kunjungan dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung . Kegiatan ini diikuti oleh 7 dosen dan 51 mahasiswa yang dipimpin oleh Eni Amaliah, S.Ag, SS, M.Ag, selaku Kaprodi Ilmu Perpustakaan & Informasi Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggu, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Rombongan dari UIN Raden Intan Lampung tiba di Perpustakaan Universitas Brawijaya dengan semangat dan antusiasme tinggi.

Kegiatan kunjungan ini dijadwalkan dalam rangka pelaksanaan praktikum mata kuliah “Kerjasama Perpustakaan dan Jaringan Informasi”. Mahasiswa dan dosen dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi akan memperoleh wawasan langsung mengenai sistem perpustakaan serta praktik kerjasama perpustakaan dan jaringan informasi antar-perguruan tinggi.

Ibu Eni Amaliah, selaku pimpinan rombongan, menyatakan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai pengelolaan perpustakaan serta pentingnya kerjasama dalam menyediakan dan mengelola informasi di era digital ini. “Kegiatan ini akan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks,” ungkap Ibu Eni.

Selama kunjungan, rombongan Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Intan Lampung mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan staf perpustakaan Universitas Brawijaya. Mereka juga diajak untuk mengenal lebih dekat sistem pengelolaan koleksi, teknologi informasi, dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan tersebut.

Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum. selaku Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya, menyambut baik kehadiran rombongan dari UIN Raden Intan Lampung. Beliau berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan memberi wawasan baru kepada mahasiswa dan dosen tamu. Sebelum memulai sesi sharing dan diskusi, Kepala Perpustakaan UB memperkenalkan para koordinator bidang yang saat itu ikut menyambut para tamu.

Sharing dan diskusi diawali dengan pengenalan profil Perpustakaan UB beserta layanan yang dimiliki termasuk layanan yang saat ini paling diminati oleh mahasiswa UB yaitu Library Class, Pendampingan dan Klinik Jurnal. Perihal kerjasama di antara kedua belah pihak bisa ditindaklanjuti jika sudah ada MoU antara Universitas Brawijaya dan UIN Raden Intan Lampung. Nantinya dengan adanya kerjasama maka kedua belah pihak bisa berkolaborasi mengadakan kegiatan baik online maupun offline.

Setelah sesi sharing dan diskusi dilanjutkan dengan library tour agar rombongan dari Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Intan Lampung bisa melihat secara langsung layanan dan aktivitas yang sedang berlangsung di Perpustakaan UB. Library Tour meliputi bagian-bagian seperti Multimedia, Koleksi Digital, Alih Media hingga Ruang Tugas Akhir.

Semoga kunjungan ini dapat menjadi langkah awal yang bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Intan Lampung dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan mereka di bidang perpustakaan dan informasi.