Kuliah Tamu GDP Labs : Cracking The Coding Interview

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya bekerjasama dengan PT. Sumber Cipta Multiniaga  melaksanakan kuliah tamu yang berjudul Cracking The Coding Interview yang diisi oleh GDP Labs. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (2/3/2021) secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Peserta dalam kuliah tamu ini berjumlah sekitar 160 partisipan yang dihadiri mahasiswa FILKOM dan alumni yang terdiri dari alumni FILKOM maupun dari Fakultas lain yang berasal dari Universitas Brawijaya.

Dalam materi pertama disampaikan oleh Stefanus Christofan selaku Senior Software Development Engineer, menjelaskan pengembangan karir bagi mahasiswa maupun alumni. Stefanus memberikan masukan bagi mahasiswa agar memiliki pengalaman yang benar, baik itu didapat dari project classes, program magang, serta menjadi asisten laboratorium atau dosen.

Karena dari pengalaman tersebut mahasiswa akan lebih siap dalam memasuki dunia kerja. Sebelum lulus Stefanus juga menyampaikan bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam mencari perusahaan yang membuka lowongan magang/internship. Karena dalam program internship akan banyak menjelaskan persiapan dalam rekrutmen atau tes penerimaan pegawai dari perusahaan tersebut.

Masuk dalam materi kedua oleh Sahat Nicholas Simangunsong selaku Principal Software Development Engineer, menyampaikan hal teknis dalam tes dan rekrutmen pegawai perusahaan. Sahat memberikan masukan kepada mahasiswa dan alumni bahwa konteks pertanyaan atau soal yang diberikan oleh perusahaan IT lebih banyak atau sering dijadikan pertanyaan mengenai Complexity Big O.

Selain itu diharapkan juga mahasiswa lebih aware terhadap materi dan pertanyaan pada saat interview.  Langkah-langkah yang perlu diingat yang pertma mendengarkan dengan baik pertanyaan yang diberikan, kemudian catat pada secarik kertas pertanyaan tersebut, kerjakan dengan tenang dan yang terakhir presentasikan dan implementasikan.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan kuliah tamu ini adalah mengembangkan kerjasama yang baik antara civitas akademi FILKOM dengan Fakultas lain serta dengan pihak penyelenggara, serta dalam melakukan knowledge-sharing sekaligus memperkenalkan dunia industri kepada mahasiswa maupun alumni yang memerlukan informasi peluang karir dan magang. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa maupun alumni Filkom ataupun dari Fakutas lain untuk dapat mengembangkan pengetahuan mengenai industry IT serta informasi peluang rekrutmen dalam kerja serta magang.(DRN/Humas UB)