Klaster Kesehatan MBKM Semeru UB Beri Pelatihan Mitigasi dan Risiko Bencana

Mitigasi bencana tidak hanya membahas tentang potensi dan antisipasi bencana alam yang kemungkinan terjadi, namun juga membahas tentang bagaimana menyiapkan masyarakat yang kemungkinan terdampak untuk dapat bertahan saat bencana terjadi. Inilah yang dilakukan oleh klaster kesehatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Semeru, Universitas Brawijaya.

Selama dua hari, lima orang mahasiswa dari klaster ini melakukan penguatan mitigasi bencana bagi masyarakat di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Peserta pelatihan menerima materi terkait kesehatan saat pandemi dari akademisi dan praktisi untuk menguatkan kemampuan dasar dalam menghadapi bencana.

Menurut Victoria Maya Kurniawati selaku perwakilan klaster, kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari para perangkat desa setempat. “Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan perangkat desa, kepala dusun, perwakilan Badan Usaha Milik Desa, perwakilan PKK, kader kesehatan dan perwakilan dari setiap dusun”, jelasnya.

Materi yang diberikan antara lain mengenai gizi saat bencana dari Fakultas Ilmu Kesehatan, tentang basic life support dan materi balut bidai serta proses evakuasi menggunakan ambulans dari Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada pula materi mengenai¬†psychological first aid dan ketahanan keluarga menghadapi gempa bumi. “Selama dua hari ini juga para peseta mendapatkan materi, praktik dan diskusi mengenai analisis risiko bencana. Para peserta juga berharap materi sejenis dapat diberikan kepada warga sekitar untuk mengantisipasi jatuhnya korban saat bencana”, terang mahasiswi prodi Kedokteran angkatan 2019 ini.

Selain penguatan mitigasi bencana, klaster kesehatan juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti kelas ibu hamil, kelas balita, posyandu balita dan lansia, penyuluhan sampah hingga pengkaderan UKS bagi siswa-siswi SMP 1 Pronojiwo.