Kelompok 46 KKNt FIA Berikan Penyuluhan Digital Marketing Warga Dengkol

Sebanyak 19 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 46 KKNt Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) memberikan penyuluhan pada pelaku UMKM di Desa Dengkol Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang tentang Digital Marketing (20/6-18/7/2022).

Kurang pahamnya pelaku UMKM di Desa Dengkol dalam memanfaatkan peluang dan ketidaksiapan mereka menghadapi tantangan di era digital ternyata memunculkan permasalahan yang cukup kompleks. Hal ini terjadi di kalangan para pelaku UMKM yang masih menjalankan bisnisnya secara tradisional atau konvensional.

Minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai teknologi membuat kurang maksimalnya pengembangan dalam UMKM yang mereka jalankan. Hal tersebut menyebabkan ketidaksiapan pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

Untuk menjawab permasalahan diatas, maka kelompok 46 melalui KKNt melakukan penyuluhan digital marketing melalui program unggulannya yang bertajuk “Peningkatan Pendapatan dan Optimalisasi UMKM melalui Digital Marketing”.

Dalam kegiatan tersebut kelompok 46 melakukan pendigitalisasian data penduduk bersama perangkat desa. Mahasiswa mendigitalisasi buku induk penduduk, pencatatan data dan pencantuman nformasi mengenai kegiatan pemerintahan desa pada buku administrasi umum yang ada.

“Kegiatan kami yang kedua melakukan digitalisasi pelayanan publik. Kantor desa membutuhkan teknologi dan aplikasi terkini dalam pelayanan dan informasi yang cepat untuk membantu dalam melayani masyarakat di Desa Dengkol. Untuk kegiatan yang kedua ini kami membuat dan memanfaatkan teknologi zaman sekarang ini contohnya seperti whatsapp business, google form serta autocrat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan,”katanya.

KKNt atau yang dapat kita ketahui dengan Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. (*/Humas FIA).