Inovasi Perpustakaan UB: E-KTM, Koleksi Digital, hingga Pendampingan Tugas Akhir

Rektor dan jajaran meninjau koleksi digital Perpustakaan

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Widodo, S.Si., M.Si., PH.D.Med.Sc meluncurkan E-KTM, Senin (27/11/2023), di Gedung Perpustakaan. Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, dekan seluruh fakultas, serta pimpinan unit kerja.

Disampaikan Rektor, E-KTM merupakan salah satu bentuk transformasi digital kartu mahasiswa yang diinisiasi oleh Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA), yang dapat digunakan untuk berbagai layanan akademik maupun non akademik. Dan layanan pertama yang dapat diakses E-KTM ini adalah layanan perpustakaan.

“Selama ini untuk mencetak KTM membutuhkan proses yang lama. Dengan adanya E-KTM harapannya bisa langsung dimanfaatkan mahasiswa untuk semua layanan di UB,” kata Rektor.

Dengan E-KTM, mahasiswa tidak perlu lagi menunjukkan KTM saat mengunjungi Perpustakaan. Mereka hanya perlu memindai QR Code dari aplikasi Gapura masing-masing, dan secara otomatis akan terekam. Begitu juga dengan proses peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan.

“E-KTM merupakan langkah besar dalam transformasi digital UB. Terima kasih kepada Perpustakaan yang sudah mempelopori mulai dari berlangganan referensi digital, digitalisasi koleksi buku, dan saat ini E-KTM. Ke depannya semua kegiatan diharapkan paperless, termasuk untuk legalisasi ijazah dan transkrip nilai,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P saat memberikan sambutan.

Launching E-KTM ditandai dengan penggunaan E-KTM oleh Rektor UB pada barcode reader dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Rektor bersama Wakil Rektor Bidang Akademik. Selanjutnya Rektor UB beserta jajaran meninjau penggunaan E-KTM oleh para mahasiswa yang saat itu sedang berkunjung ke Perpustakaan UB.

Kepala Perpustakaan Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum mengatakan, selain peluncuran E-KTM, Perpustakaan UB juga meluncurkan Koleksi Digital Perpustakaan, Knowledge Garden Journal, dan Scholar’s Lounge.

Koleksi Digital Perpustakaan merupakan langkah progresif dalam mengadaptasi perpustakaan tradisional ke era digital. Dengan akses online ke koleksi terkini dan terkemuka, mahasiswa dan dosen dapat mengeksplorasi sumber daya pendidikan tanpa batas, mendukung penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

“Koleksi digital Perpustakaan berisi e-book yang merupakan hasil alih media dari 70 ribu koleksi cetak yang selama ini paling banyak diminati oleh mahasiswa. Koleksi digital ini bisa diakses pada PC khusus di mana para pengunjung hanya bisa membaca saja tanpa bisa meng-copy file untuk melindungi hak cipta para penulis,” papar Iwan.

Sementara itu Knowledge Garden Journal adalah jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan UB. Dengan memfasilitasi kolaborasi lintas-disiplin, jurnal ini bertujuan untuk merangsang pertukaran ide dan pemikiran kritis.

Perpustakaan juga melangkah ke pendampingan penyelesaian tugas akhir untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 yang diberi nama “Scholar’s Lounge”. Program ini menjadi pusat kegiatan akademis dan diskusi di UPT Perpustakaan yaitu Pendampingan dan Klinik Jurnal. Dengan fasilitas yang modern dan mendukung untuk proses pembelajaran, Scholar’s Lounge dirancang untuk mendorong pertemuan informal dan pertukaran ide di antara pustakawan dan mahasiswa UB. Scholar’s Lounge adalah bentuk komitmen UPT Perpustakaan untuk terus berinovasi dan menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi mahasiswa dan akademisi. [Ihwan/Irene]

Rektor dan jajaran meninjau koleksi digital Perpustakaan

Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P