Impelentasikan Pembelajaran Team Based Project, Farmasi Pamerkan Pameran Produk Hasil Kreativitas Mahasiswa

Departemen Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) pada Jumat , (22/12/23) menyelenggarakan serangkaian kegiatan “Project Class Day”. Kegiatan tersebut dipusatkan di Parkir Depan  Gedung Amphy Teater Fakultas Kedokteran UB.

Kegiatan Project Class ini merupakan kegiatan yang terdiri dari pameran produk hasil kreativitas Mahasiswa Farmasi FK yang dikemas dalam bentuk expo produk, dan persembahan penampilan menarik dari para mahasiswa  dilengkapi dengan stand bazar atau tenant lainnya.

Ketua Departemen Farmasi Fakultas Kedokteran , Prof. Dr. Dra. Sri Winarsih, Apt., MSi., dalam laporannya sangat bersyukur atas segala dukungan dari seluruh jajaran pimpinan di FKUB mulai dari Dekan, Sekretaris Departemen, Ketua Program Studi serta adik-adik yang kemarin masih UAS dan luar biasa menyiapkan kegiatan ini dengan sangat bagus.

“Ini semua menjadi langkah awal untuk hilirasasi dan produksi skala besar kedepannya, harapannya adik-adik para mahasiswa Farmasi akan menjadi wirausahawan yang sukses. Kami ingin mengapresiasi kepada IBu KPS Sarjana Farmasi yang telah mengantarkan beberapa capaian pada PS Sarjana Farmasi pada tahun ini antara lain:  ada Summer Cost, Seminar Internasional dan saat ini dilaksanakan Expo. Sebenarnya Kegiatan Expo ini merupakan rangkaian akhir dari pembelajaran kolaboratif metode project based yang tahun lalu sebenarnya sudah kami laksanakan namun tertutup hanya untuk internal di Deaprtemen Farmasi. Adapun project yang ditampilkan pada expo ini adalah luaran dari mata kuliah Kosmetologi (semester 5), Aromaterapi (semester 7), dan Teknologi Farmasi Sediaan Solid (semester 5).Dan pada tahun ini selain memamerkan produksi hasil pembelajaran mahasiswa juga KPS Sarjana Farmasi ini juga menggandeng wirausahawan lain terdiri dari mahasiwa, Alumni, Dosen, dan tenaga Kependidikan  diharapkan dengan adanya kolaborasi ini mahasiswa bisa belajar berwirausaha yang benar dari para alumni , dosen dan tendik dan dari para wirausahawan yang sudah jadi, para alumni yang menjadi para produsen yang bisa menghasilkan inovasi inovasi yang sedang belajar sebagai bekal inovasi dimasa mendatang, dan semoga kedepan kegiatan ini dapat menjadi daya tarik untuk mahasiswa inbound di Farmasi FK,” katanya.

Dekan FKDr. dr. Wisnu Barlianto, MSi., Med., Sp. A (K) pada sambutannya juga mengapresiasi adanya kegiatan expo yang bisa dilaksanakan dengan meriah.

“Dan saya kira ini sangat relevan sekali dengan program oleh Bapak Rektor yaitu dengan meningkatkan “Team Based Project” bagaiman pembelajaran itu dibuat dalam bentuk proyek dan ini sangat sekjalan dengan pembelajaran di Farmasi dan adik-adik kedepannya dapat membuat suatu produk-produk. Kedepan kami sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan dan berharap ini dimana para mahasiswa membuat suatu inovasi dan formulasi dan sebagainya yang bisa kita buat dalam bentuk indutri skala besar. Saya rasa kita harus bersyukur di Departemen Farmasi  ini sangat berpotensi karena didukung dengan dosen-dosen yang smart dan semangat , dan adik-adik mahasiswa yang masih muda ini memiliki ide-ide yang masih jernih dan cemerlang, tak jarang mereka memiliki inovasi- inovasi pikiran kreatif yang tidak terpikirkan oleh kita semua yang bisa menjadi sebuah produk dalam skala yang besar. Lebih lanjut saya kira kegiatan ini sangat bagus, dan pasti bisa membuat bingung para juri karena memang sangat bagus sekali sehingga bisa dilaksanakan dengan skala yang lebih luas dan besar lagi, produk para mahasiswa ini formulasinya sangat bagus didukung dengan kemasan-kemasan yang menarik dan pastinya nantinya penjualannya akan menjadi menarik dengan membuat alat bantu visual saya kira adik-adik bisa mengendorse artis kedepan, candanya,” katanya.(An4nk-Humas FKUB/Oky/Humas UB)