Hadirkan Pemateri dari Malaysia, Magister Ilmu Sosial Berikan Tips Lolos Jurnal Internasional

Program Magister Ilmu Sosial Universitas Brawijaya memberikan tips agar tulisan kita mampu lolos ke jurnal melalui sebuah kegiatan bertajuk “How to Publish in Reputable International Journals” yang diadakan Senin (22/11/2021) melalui daring.

Dalam kegiatan tersebut pemateri yang dihadirkan pun berasal dari University of Malaya, Bambang Sumintono Ph.D.

Bambang Sumintono mengatakan penulis harus memilih jurnal yang tidak perlu membayar lagi.

“Publikasi jurnal jangan yang kita harus berbayar, karena 90 persen jurnal terakreditasi itu justru gratis. Jaga nama kita sendiri,” ucapnya.

Beberapa tips pun terungkap dalam agenda ini. Pertama, penulis tidak perlu menyelesaikan dulu artikel jurnal tapi memetakan jurnal mana yang akan menjadi target dan mengetahui hal hal teknis seperti template yang digunakan dalam jurnal tersebut.

Selanjutnya adalah memeriksa plagiarisme secara pribadi sebelum diperiksa oleh tim jurnal yang kita tuju. Tips lainnya adalah menjalin kolaborasi untuk menambah pengetahuan dari diri kita misal tentang aspek kebahasaan hingga metode penelitian yang akan diajukan.

Satu yang juga penting adalah memeriksa track record jurnal yang akan dituju apakah predator atau bentuk yang lain.

“Yang jelas hindari lah jurnal yang berbayar,” papar Bambang Sumintono.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Magister Ilmu Sosial UB ini, pemateri juga memberikan contoh mengevaluasi sebuah tulisan jurnal terutama dalam aspek plagiarisme dan evaluasi penulisan abstrak. (aim/Humas FISIP)