Golekan Nusantara, APE yang Terintegrasi dengan Teknologi

Lima mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya (FP UB) Edwin Setiawan, Christabel Putik Blessya, Safira Nurul Izzah, Kirana Fadhilah, serta Nur Aini Irbah Rosyaadah di bawah bimbingan Paramyta Nila M.P. membuat Alat Permainan Edukatif (APE) bernama Golekan Nusantara.

Golekan Nusantara merupakan boneka edukasi yang mengusung konsep unboxing and surprise. Melalui Golekan Nusantara cerita rakyat disulap menjadi suatu konsep baru yang diintegrasikan dengan teknologi saat ini.

“Umumnya kita menjumpai cerita rakyat dalam bentuk teks atau buku. Penggambaran cerita rakyat seperti hal tersebut dianggap kurang mampu memenuhi tuntutan standar industri kreatif saat ini. Akibatnya, generasi muda menjadi lebih tertarik dengan cerita dari luar karena dianggap lebih adaptif dengan perkembangan zaman, sehingga menurunkan eksistensi dari cerita rakyat yang kita miliki,”kata perwakilan tim Edwin

Dalam kemasan Golekan Nusantara terdapat satu buah boneka dengan pakaian adat khas Kebudayaan Nusantara yang dilengkapi dengan barcode yang jika dipindai mampu menampilkan cerita rakyat berbasis augmented story.

Satu buah produk Golekan Nusantara dapat diperoleh dengan harga Rp150.000.

Golekan Nusantara telah tersedia secara komersil dan bisa diperoleh melalui marketplace kesayangan anda, yaitu Tokopedia dan Shopee.

Tidak hanya itu, Golekan Nusantara juga hadir secara aktif memberikan konten dan informasi menarik melalui official account-nya di Instagram, yaitu @golekan.nusantara. (EDW/Humas UB).