Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Salah satu langkah strategis terbaru adalah pembangunan Unit Layanan Terpadu (ULT) yang berlokasi di Gedung Dekanat FT UB, Lantai 1.
Pembangunan ini bertujuan untuk mempermudah akses informasi dan pelayanan administratif dalam satu lokasi terintegrasi. ULT ini sudah mulai beroperasi pada pertengahan Januari 2025 dan merupakan wujud komitmen FT UB dalam memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan profesional.

Selain itu, ULT di FT UB dirancang untuk memberikan kemudahan bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi, akademik, maupun konsultasi. Dengan adanya ULT, harapan kedepannya mampu meningkatkan kepuasan pengguna layanan dan mendukung kegiatan operasional fakultas secara optimal.
Perlu diketahui ULT FT UB akan menyediakan berbagai layanan, seperti Informasi dan pengurusan dokumen akademik, informasi dan layanan kemahasiswaan, serta sumber informasi dan layanan pertanyaan dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Fasilitas ULT dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, selain itu juga dilengkapi layanan ALMA (Anjungan Layanan Mandiri), yaitu alat yang dapat digunakan oleh mahasiswa, civitas akademika, tenaga kependidikan, dan dosen untuk mencetak pengajuan dokumen-dokumen penting secara mandiri.
ALMA merupakan bentuk inovasi dalam memberikan kemudahan layanan, kolaborasi antara Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) dan Direktorat Teknologi dan Informasi (DTI) UB. Manfaat ALMA bagi mahasiswa sangat signifikan, termasuk kemampuan untuk mencetak dokumen seperti transkrip akademik sementara, surat keterangan aktif kuliah, dan surat keterangan sertifikasi IT.
Bagi civitas akademika lainnya, ALMA dapat digunakan untuk mencetak surat keterangan pegawai dan dokumen penting lainnya. Kehadiran ALMA diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengeluaran dokumen, yang selama ini memerlukan waktu yang cukup lama melalui layanan perantara manusia.
Dengan hadirnya ULT dan ALMA di FT UB berharap dapat memberikan pengalaman pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Selain itu, ULT diharapkan mampu mendukung kelancaran operasional fakultas, sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja dan belajar yang lebih produktif.[drn/Humas UB]