FT dan DPKA Gelar Brawijaya Career Expo x Engineeds

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni (DPKA) mengadakan Brawijaya Career Expo x Engineeds . Acara ini berlangsung dengan meriah dan menjadi ajang penting bagi para mahasiswa yang tengah bersiap memasuki dunia kerja.

Brawijaya Career Expo x Engineeds merupakan pameran kerja yang diadakan selama dua hari, mengundang 55 lembaga yang hadir untuk menawarkan lowongan kerja hingga beasiswa untuk para mahasiswa, alumni UB, dan peserta lainya. Acara ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan alumni untuk bertemu langsung dengan perusahaan, menjajaki peluang karir, serta mendapatkan informasi mengenai kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

Salah satu sorotan utama dalam rangkaian acara ini adalah kuliah tamu yang diselenggarakan di Auditorim Brawijaya dengan pembicara Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Iwan Suprijanto, ST, MT, FIDSK, IPU, QRGP, CRGP. Dalam kuliah tamu tersebut, Iwan memberikan pembekalan kepada para mahasiswa tentang pentingnya kesiapan mental dan teknis sebelum memasuki dunia kerja. Dengan tema “Strategi Lolos BUMN dan Perusahaan Multinasional”, Iwan menggarisbawahi perlunya adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di bidang keteknikan dan infrastruktur.

“Dalam era globalisasi ini, kompetensi teknis saja tidak cukup. Mahasiswa harus memiliki kemampuan adaptasi, berpikir kritis, dan berkolaborasi dalam tim lintas disiplin,” terangnya.

Dalam sesi tersebut, Iwan juga menekankan pentingnya soft skills seperti komunikasi dan manajemen waktu yang akan sangat membantu dalam dunia kerja yang dinamis dan menantang. Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH., mengapresiasi kerjasama ini dan menyatakan harapannya agar Brawijaya Career Expo x Engineeds dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk mengenal dunia kerja lebih dekat.

“Acara ini bukan hanya sekedar pameran kerja, tetapi juga platform pembelajaran yang memberikan wawasan baru dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia profesional,” imbuhnya.

Brawijaya Career Expo x Engineeds juga menyelenggarakan berbagai workshop dan seminar yang bertujuan meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa. Topik yang dibahas meliputi penulisan CV yang efektif, strategi wawancara kerja, dan pengembangan karir jangka panjang.

Antusiasme peserta terlihat dari tingginya partisipasi mahasiswa dalam berbagai sesi acara. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas jaringan, bertukar informasi, dan menggali lebih dalam tentang industri yang diminati. Diharapkan, melalui acara ini, para lulusan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dapat lebih siap dan kompetitif dalam memasuki pasar kerja global. Brawijaya Career Expo x Engineeds 2024 diharapkan bisa menjadi momentum penting bagi pengembangan karir mahasiswa dan penguatan kolaborasi antara universitas dengan dunia industri, serta mendukung visi Universitas Brawijaya untuk mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi.[drn/OKY/Humas UB]