FKUB Panen Juara di Ajang SIMPIC 2024

Kontingen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) kembali panen prestasi di ajang bergengsi Sisiraj International Microbiology, Parasitology, and Immunology Competition (SIMPIC 2024) di Thailand. Di ajang yang diselenggarakan pada Rabu hingga Senin (17-22/1) ini, FKUB menyabet  1st Runner Up, 1 Medali Emas, 1 Medali Perak, dan 1 Medali Perunggu di ajang yang diikuti oleh  61 tim dari berbagai negara Asia.

Kontingen UB dalam SIMPIC 2024
Kontingen UB dalam SIMPIC 2024

Tahun ini, UB mengirimkan empat tim, dengan masing-masing berisi tiga orang mahasiswa dan diketuai oleh Gustav Sitompul. Kelompok ini terdiri atas UB 01 beranggotakan Krisanto Tanjaya, Qonita Qurani, Christalenta Renata. Tim UB02 terdiri dari Yohanes Audric Alimsjah, Ni Nyoman Triana Widhiastuti, Sarah Ann Boswel, tim UB03 diisi oleh Akmal Jauhari Irfan, Kresentia Melissa Kurniawan, Muhammad Arifzan Rizqullah dan tim UB04 yang terdiri atas Gustav Sitompul, Jeremy Christabel, Syadida Zahiro

“Di babak penyisihan, tiga dari empat tim UB berhasil lolos ke semifinal, dan kami berhasil menyisihkan 41 tim lain dari kampus-kampus terkemuka di Asia”, ujar Gustav. Di antara tim tersebut, imbuhnya, 1 tim berhasil lolos ke babak final.

Setelah melalui babak final yang menegangkan, Tim UB 04 berhasil meraih juara 1st Runner Up, sementara juara 1 dan 3 diraih oleh Chulalungkorn University, Thailand. Selain itu, pada tahap individu delegasi FKUB juga berhasil menyabet 1 Medali Emas  yang diraih oleh Gustav Sitompul, 1 Medali Perak oleh Syadida Zahiro, dan 1 Medali Perunggu oleh Yohannes Audric Alimsyah.

Apresiasi disampaikan oleh Ketua Advisor SIMPIC FKUB, dr. Aulia Rahmi Pawestri, Ph. D. “Persiapan SIMPIC tahun ini dilaksanakan selama 3 bulan, sejak Oktober 2023. Selama proses tersebut, para delegasi menunjukkan antusiasme, motivasi, dan performa yang sangat memuaskan selalama proses seleksi, pembimbingan, dan perlombaan”, ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada segenap pembimbing SIMPIC, yaitu dr. Perdana Aditya Rahman, SpPD – KFR, Dr. Nuning WInaris, SSi. MSi., dr. Siwipeni Irmawanti Rahayu, M. Biomed, Sp. MK. , dr. Yuanita , dr. Mirza Zaka Pratama, M. Biomed,. Sp.PD dan dr. Andrew William Tulle, M.Sc. “Terima kasih juga kepada segenap jajaran pimpinan FKUB yang telah mendukung seleksi,  pembimbingan, pemberangkatan para delegasi. Saya berharap FKUB dapat mempertahankan dan terus meningkatkan prestasi pada ajang perlombaan internasional”, pungkasnya. (Anang/VQ)