FK Beri Pelatihan Stetoskop Digital kepada Nakes Puskesmas Gondanglegi

Tim Pengabdian kepada Masyarakat FKUB Beri Pelatihan Stetoskop Digital kepada Nakes Puskesmas Gondanglegi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) mengadakan pelatihan penggunaan stetoskop digital dan aplikasi stetoskop digital mobile secara mandiri kepada tenaga kesehatan Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang, Selasa (06/02/2024).

Kegiatan ini merupakan realisasi program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) FKUB skema aplikasi teknologi kepada Desa Binaan mitra PkM.

Pelatihan diberikan oleh dr. Thareq Barasabha, M.T selaku Koordinator Kegiatan sekaligus penggagas stetoskop digital kepada tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang bertugas di wilayah kerja Puskesmas Gondanglegi.

Pelatihan diberikan oleh dr. Thareq Barasabha, M.T selaku Koordinator Kegiatan sekaligus penggagas stetoskop digital

Thareq menyampaikan, stetoskop digital memainkan peran penting dalam pengumpulan data medis pasien secara real-time.

“Dengan bantuan alat ini, para tenaga medis dapat melakukan pemeriksaan pendengaran jantung dan paru-paru pasien dengan akurasi tinggi, meskipun berada dalam jarak yang jauh,” ungkap Thareq.

Teknologi ini juga membantu tenaga kesehatan untuk saling bertukar informasi atau berkonsultasi dengan tujuan mendapatkan interpretasi yang sesuai, sehingga menghasilkan diagnosis yang tepat.

Pelatihan dihadiri oleh Kepala Puskesmas Gondanglegi drg. Imam Mashuda. Dalam sambutannya, Ia mengapresiasi sosialisasi dan pelatihan ini terutama untuk membantu menjangkau pasien yang tidak memungkinkan datang ke tempat layanan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut tim PkM FKUB memberikan bantuan dua set stetoskop digital untuk dapat dimanfaatkan para tenaga medis Puskesmas Gondanglegi dalam memberikan layanan kesehatan kepada pasien.

Kegiatan ini juga diikuti oleh tim gabungan mahasiswa FKUB dan Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik UB yang turut serta dalam pengembangan alat stetoskop digital dan aplikasi stetoskop digital mobile. [Saf/Irene]