FKG UB Gelar Fun Edukasi Online Kesehatan Gigi dan Mulut di Era Pandemi

Salah satu pemateri drg. Dini Rachmawati, Sp.KGA

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (FKG-UB) bersama Unilever menyelenggarakan Webinar Fun Education dengan tema “Fun Edukasi Online Kesehatan Gigi dan Mulut di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemic COVID-19 pada Siswa SD di Kota Malang”, Rabu (02/12/2020).

Ketua BKGN FKG UB, drg. Zefry Zainal Sp.BM menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional dan bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Brawijaya yang ke-58. FKG UB bekerja sama dengan Unilever yang telah bekerja sama dengan FKG di seluruh Indonesia.

“Tanggal 2 dan 3 kami mengadakan kegiatan edukasi online. Biasanya kami mengadakan kegiatan secara luring dengan mengundang masyarakat datang ke Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RS UB), namun karena masa pandemi tidak memungkinkan untuk mobilisasi massa, sehingga kami lakukan secara daring  Dan kebetulan bertepatan dengan Dies Natalis UB ke-58,” jelas Zefry.

Webinar ini diikuti oleh 500 peserta dari Komunitas SD binaan FKG UB seperti PJ Global School, SD Ungglan Al Ya’lu, SD Islam Moh Hatta, SDN Tunjungsekar 2, SDN Tulusrejo, SDN Landungsari 1, dan MI NU Pagelaran. Kegiatan yang ditujukan untuk memberikan edukasi positif dalam rangka menjaga kesehatan mulut dan gigi ini tidak hanya untuk siswa saja namun juga untuk guru dan orang tua murid.

Drg. Zefry berharap melalui kontribusi FKG UB dengan mengadakan edukasi online, masyarakat tetap menjaga Kesehatan gigi dan mulut meskipun di tengah pandemi.

“Meskipun ada keterbatasan, tapi kami FKG-UB tetap melaksankan tanggung jawab kami dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain memberikan edukasi online, FKG UB bersama Unilever juga membagikan Mini Ebook dan video edukasi tentang Kesehatan umum dan Kesehatan gigi. FKG UB juga memberikan pasta gigi Pepsodent dan sikat gigi serta perlengkapan UKS dalam bentuk tali asih kepada setiap peserta dan SD binaan yang mengikuti webinar. [Ika/Irene]