FISIP UB Buka Program S2 Sains Psikologi

Universitas Brawijaya (UB) resmi membuka Program Magister Sains Psikologi. Program S2 di bawah Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2024/2025.

Ketua Departemen Psikologi Ali Mashuri, S.Psi., M.Sc., Ph.D menyampaikan, keputusan tersebut bertujuan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman akan bidang Psikologi, serta memenuhi kebutuhan akan akademisi berkualitas di Indonesia sesuai amanat Undang-undang No. 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi.

Magister Sains Psikologi menawarkan kurikulum yang komprehensif, termasuk Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis dan Kesehatan, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, serta Pengukuran Psikologi/Psikometri.

“Dengan fokus pada pemahaman ilmiah yang mendalam, program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi berbagai karir di sektor publik maupun swasta, serta untuk melanjutkan studi doktoral dalam bidang Psikologi,” terang Ali Mashuri.

Sementara itu Ketua Program Studi Psikologi Ibu Dr. Sumi Lestari, S.Psi., M.Si mengatakan, Program Magister Sains Psikologi merupakan bentuk komitmen UB untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan zaman dan stakeholders.

Pada penerimaan pertama ini Departemen Psikologi UB menerima calon mahasiswa lulusan S1 Psikologi dan lulusan S1 Non Psikologi. Namun, bagi mahasiswa lulusan S1 Non Psikologi diwajibkan untuk mengikuti program Matrikulasi yang dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai.

“Kegiatan Matrikulasi ini dilakukan untuk menyamakan pengetahuan dasar tentang ilmu psikologi kepada seluruh peserta perkuliahan,” jelas Sumi Lestari.

Penerimaan calon mahasiswa baru Magister Sains Psikologi dibuka secara online pada 3 Juni 2024, dan berakhir pada 12 Juli 2024. Calon mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan akademik dan administrasi yang ditetapkan akan mengikuti tes seleksi pada 15-26 Juli 2024. Dan hasil seleksi diumumkan pada 5 Agustus 2024.

Informasi pendaftaran Magister Sains Psikologi dapat dilihat di website www.selma.ub.ac.id atau https://s.ub.ac.id/psi-magister, atau melalui akun Instagram @magistersainspsikologiub. [PSI/Irene]