FISIP Rintis Kerjasama dengan University of Leeds

FISIP Universitas Brawijaya melakukan perintisan kerjasama dengan University of Leeds. Kedua belah pihak melakukan potensi kerjasama yang bisa dilakukan pada Kamis (30/5/2024) di ruang pertemuan lantai 7 gedung C FISIP UB.

Pada perintisan kerjasama tersebut, pihak FISIP diwakili oleh Dekan FISIP, Prof Anang Sujoko S.Sos., M.Si., D.COMM dan beberapa pimpinan Departemen. Sementara pihak University of Leeds diwakili oleh Dr Adam Tyson,  Associate Professor of Southeast Asian Politics in the School of Politics and International Studies at the University of Leeds.

Pada diskusi ini, Adam Tyson menjelaskan jika University of Leeds mempunyai beberapa kajian keilmuan yang masuk di Fakultas Ilmu Sosial, yaitu edukasi, hukum, politik dan hubungan internasional serta sosiologi.

Adam memaparkan dari pembicaraan yang dilakukan di internal pihak University of Leeds, mereka terbuka untuk menjadi mitra strategis bagi UB.

“Kami di University of Leeds melihat UB ini peningkatannya cepat. Kenaikan rangkingnya juga naik drastis. Tentu saja karena ada sinyal positif, maka kami berharap bisa menjadi mitra strategis yang menguntungkan kedua belah pihak,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FISIP, Prof Anang Sujoko S.Sos., M.Si., D.COMM menjelaskan pihaknya terus berusaha membuat FISIP menjadi fakultas yang lebih baik.

“UB memang bertumbuh dengan baik. Apalagi banyak sekarang pengajar kami yang mengambil gelar doktornya di luar negeri. Terima kasih pula atas kesempatan yang diberikan kepada pengajar kami yang sekarang sedang belajar di Leeds,” jelasnya.

Prof Anang Sujoko menjelaskan kerjasama yang dilakukan FISIP dan University of Leeds bisa fokus pada riset dan Pendidikan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti visiting lecturer dan kolaborasi riset.

“Kami berharap kita bisa melakukan kegiatan dulu, kolaborasi dengan pihak University of Leeds. Karena kami selalu berharap tidak hanya dokumen kerjasama diresmikan tapi justri tidak ada kegiatan yang dilakukan,” jelasnya.

Untuk melaksanakan kerjasama ini, pihak FISIP akan menunjuk penanggungjawab di masing masing program studi terutama untuk melaksanakan implementasi kerjasama yang akan dilakukan. (Humas FISIP/OKY/Humas UB)