FISIP dan Pemkab Blitar Jajaki Potensi Kerjasama

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) dan Pemkab Blitar menjajaki potensi kerjasama antara kedua belah pihak. Pembicaraan ini mulai dilakukan, Senin (11/7/2022).

Hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Blitar datang dalam penjajakan kerjasama tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar, Asmaningayu menjelaskan pihaknya sangat terbuka untuk melakukan kerjasama dengan FISIP UB.

“Tentu pihak FISIP bisa memaparkan lebih dulu apa yang bisa dilakukan antara Pemkab Blitar dan FISIP UB,” ucapnya.

Mewakili Pemkab Blitar, Asmaningayu menjelaskan hal-hal yang dibutuhkan FISIP akan bisa ditindaklanjuti dengan pertimbangan dan masukan dari OPD Pemkab Blitar.

“Kami dari Pemkab Blitar prinsinya sangat mendukung proses ini agar membuat dua institusi menjadi lebih baik,” paparnya.

Proses diskusi kerjasama antara FISIP dan Pemkab Blitar. (Foto: Humas FISIP)

Sementara itu, Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si memaparkan dari potensi yang ada di FISIP sangat memungkinkan jika Pemkab Blitar mau kerjasama.

“Pertama kita punya program MBKM. Ini program mas Menteri bahwa mahasiswa harus praktek lapangan yang direkognisi dengan SKS,” ucapnya.

Program MBKM ini menurut Sholih bisa bermanfaat untuk Pemkab Blitar jika ada program untuk turun lapangan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Sholih mengungkapkan potensi dosen FISIP UB dengan jumlah mencapai 184 orang yang menyebar di 6 program studi juga luar biasa.

“Misal Pemkab ada tes psikologi bisa memanfaatkan kita. Ada Ilmu Pemerintahan yang bisa bicara soal pembinaan perangkat daerah,” sambung Sholih Muadi.

Lebih lanjut, pria yang juga dosen di Prodi Ilmu Politik ini membuka kesempatan ASN di Pemkab Blitar yang sudah bergelar Magister bisa melanjutkan kuliah ke program Doktor.

“Kami ada S3 Sosiologi yang bisa melakukannnya dengan riset saja. Ini tentu kesempatan buat teman teman ASN dan beberapa hal lain yang bisa dikerjakan bersama,” pungkas Sholih Muadi. (Humas FISIP/Humas UB)