FILKOM UB Melepas MMD 2024

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), resmi melepas Mahasiswa Mengabdi Desa (MMD) dengan dua tahap. Pelepasan tahap pertama dilaksanakan pada Minggu (7/7/2024) dan tahap kedua pada Senin (8/7/2024). Pelepasan MMD FILKOM UB 2024 dipandu oleh Ristika Kurnia Nestiorini, S.P., bertempat di selasar junction penghubung gedung F dan G. Pelepasan dihadiri oleh dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., didampingi jajaran dekanat dan panitia kegiatan MMD 2024.

Pada agenda pembuka adalah laporan dari ketua panitia MMD FILKOM UB 2024 yang disampaikan oleh Ir. Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. Pada laporan pelepasan ini beliau menyampaikan, 779 jumlah mahasiswa terdaftar di MMD tahun 2024. MMD 2024 ini akan didampingi 30 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sejumlah 56 kelompok tersebar di 56 desa dengan rincian 10 kecamatan dengan 4 kabupaten di Jawa Timur. MMD tahun 2024 ada 3 lokasi baru, yaitu Blitar, Jombang, dan Kediri. Untuk hari Minggu (7/7/2024) sejumlah 98 mahasiswa MMD dilepas pada tahap satu dan hari Senin (8/7/2024) sejumlah 681 mahasiswa MMD dilepas pada tahap dua. Pembekalan MMD telah diawali pada Jumat (7/6/2024), dilaksanakan selama empat kali pada setiap Jumat (14/6/2024, 21/6/2024 dan 28/6/2024). Pemateri telah disesuaikan dengan tema MMD tahun 2024, yaitu (Information TechnologyIT For Better Life.

Agenda berikutnya adalah doa yang dipimpin oleh Tibyani, S.T., M.T. dan dilanjutkan sambutan dekan FILKOM UB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan MMD ini agar dilaksanakan dengan penuh amanah. Reputasi dan prestasi UB dan FILKOM yang sudah baik harus dijaga dengan baik. Karena sekali nama baik UB dan FILKOM tercoreng, memulihkan kembali kepercayaan masyarakat akan sulit. Manfaatkan kegiatan MMD ini untuk meningkatkan kualitas hidup juga kesempatan knowledge sharing dan melakukan inovasi di tempat MMD berada, sesuai dengan tema MMD, IT For Better Life, FILKOM For Society.

“Reputasi UB yang baik dihasilkan dari prestasi. Saat ini UB terus menggaungkan reputasi nasional dan internasional. Mahasiswa FILKOM melaksanakan MMD 2024 membawa nama baik dan reputasi UB dan FILKOM. Dengan tema MMD FILKOM UB, IT For Better Life, manfaatkan masa pengabdian anda yang tidak lama. Berikan kontribusi optimal melalui teknologi dengan target sasaran pemerintah desa, UMKM lokal, pariwisata, dan kelompok masyarakat sekitar.
Sebagai contoh, proses pengurusan surat di kelurahan tanpa harus antri, tetapi bisa dilaksanakan melalui HP pemohon. Jaga nama baik UB, jaga nama baik FILKOM,” kata Dekan FILKOM Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. (rr/ds/Humas UB)