FILKOM UB Lepas Mahasiswa Sejumlah 101 Program Bangkit, 245 Program MISB serta 2 Kampus Mengajar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kembali mengadakan pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) serta program Bangkit Pada 29 November 2021 hingga 28 Januari 2022. Lebih dari 100.697 mahasiswa dari perguruan tinggi naungan Kemendikbudristek di seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam periode kali ini.

Sementara itu, pada Senin (14/3/2022) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) secara resmi dan simbolis melaksanakan Pelepasan Mahasiswa Program Magang Industri dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Bangkit Academy Tahun 2022 secara daring.

Adapun total dari jumlah mahasiswa yang mengikuti program tersebut sejumlah 101 dari Program Bangkit, 245 dari Program MISB dan dua dari Program Kampus Mengajar.

Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang sudah terpilih mengikuti program ini karena beberapa dari mahasiswa tersebut telah terpilih melalui proses seleksi dari perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Gunakan sebaik-baiknya kesempatan ini, jangan sekedar memenuhi kewajiban untuk memenuhi SKS tapi tidak ada nilai tambah, karena kegiatan ini akan melatih para mahasiswa untuk bekerja di dunia nyata. Ada banyak tantangan yang tidak didapatkan pada saat kuliah, mahasiswa dilatih untuk dapat mandiri dan dapat memecahkan masalah sendiri karena di dunia industri bantuan dari orang lain sangat minimal,” kata Prof. Wayan dalam sambutannya.

Prof. Wayan berpesan agar para mahasiswa melatih cara berkomunikasi.

Karena dengan komunikasi yang baik maka karir yang baik juga akan mengikuti.

Selain itu FILKOM juga akan memberikan dosen pendamping lapangan sebagai mentor yang dapat membantu mahasiswa memecahkan masalah yang ditemui di lapangan.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Wakil Dekan I bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. yang mengatakan dalam program Bangkit tahun ini FILKOM mengalami peningkatan yang signifikan dari segi peserta, dari 60 mahasiswa menjadi 101 mahasiswa. FILKOM juga menjadi fakultas penyumbang mahasiswa terbanyak dari program Bangkit.

“Peserta Bangkit 2022 akan menempuh 900 jam pembelajaran untuk menguasai kurikulum Machine Learning, Mobile Development , dan Cloud Computing. Ketiga materi tersebut sebenarnya sangat relevan dengan materi pembelajaran yang ada di FILKOM sehingga mahasiswa FILKOM memiliki basic serta peluang lebih baik untuk menyelesaikan tugasnya,”  imbuh Herman.

Semoga dengan mengikuti program ini mahasiswa-mahasiswa tersebut mampu mengembangkan kemampuan diri serta menambah pengalaman pembelajaran di luar universitas dan semakin banyak mahasiswa UB yang berpartisipasi dalam program ini serta program-program lain pada periode selanjutnya. (dr/Humas UB).