FILKOM Gelar Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kemahasiswaan Semester I Tahun 2023

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan acara Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kemahasiswaan selama 2 (dua) hari (11/8-12/8/2023) di Hotel Lembah Metro, Kota Batu, Malang untuk mengevaluasi efektivitas program-program kemahasiswaan yang telah dijalankan mulai dari awal tahun sampai bulan ini (Agustus).

Kegiatan evaluasi dan monitoring Kemahasiswaan FILKOM ini dihadiri oleh Dekan, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Umum, Keuangan, dan Sumber Daya, Ir. Agus Wahyu Widodo, ST., M.Cs.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom; serta Subkoordinator Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan, Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H. Selain itu perwakilan seluruh Lembaga Mahasiswa mulai dari BEM, DPM serta LSO juga mengikuti kegiatan ini.

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kemahasiswaan FILKOM UB merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melakukan monitor dan evaluasi terkait program kerja yang telah diusulkan oleh Lembaga Kemahasiswaan FILKOM UBĀ  serta memberikan kesempatan bagi Lembaga Kemahasiswaan FILKOM UB untuk memperbaiki kualitas organisasinya.

Dalam sambutannya, Dekan FILKOM UB, menyampaikan pentingnya peran kegiatan kemahasiswaan dalam membentuk karakter, kreativitas, dan keterampilan mahasiswa di samping aspek akademis. Setiap program kemahasiswaan yang telah dijalankan sepanjang tahun dievaluasi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan, seperti tujuan, partisipasi, dampak, dan kelancaran pelaksanaan.

“Kegiatan di luar akademik, seperti organisasi, kegiatan sosial, dan kompetisi, memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan mahasiswa dan fakultas serta tercapainnya IKU. Oleh karena itu, fakultas terus berupaya memastikan bahwa program-program kemahasiswaan dapat memberikan manfaat optimal,” sambut Prof. Wayan.

Muh. Arif Rahman saat memberikan sambutan kegiatan (tengah) bersama Dekan FILKOM (kanan) dan Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan, Alumni & Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM, Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom (kiri).
Muh. Arif Rahman saat memberikan sambutan kegiatan (tengah) bersama Dekan FILKOM (kanan) dan Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan, Alumni & Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM, Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom (kiri).

Senada dengan Dekan, Muh. Arif Rahman juga berpendapat bahwa dengan diadakannya monitoring ini, fakultas dapat mendengarkan umpan balik dari Ormawa mengenai program kerja yang telah dilakukan. Hal ini dapat membantu dalam merancang kegiatan yang lebih sesuai dengan minat, kebutuhan, dan harapan dari Lembaga Kemahasiswaan FILKOM UB, sehingga meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan kemahasiswaan.

Dalam kegiatan inti para Lembaga Mahasiswa diminta untuk mempresentasikan pencapaian dan pelajaran yang diperoleh dari setiap kegiatan. Diskusi juga berlangsung mengenai kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan dan upaya-upaya perbaikan yang dapat dilakukan di masa mendatang.

“Melalui evaluasi ini, kami ingin mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang apa yang telah berhasil dan apa yang masih perlu diperbaiki dalam kegiatan kemahasiswaan kami. Mahasiswa memiliki peran penting dalam memberikan masukan berharga ini.” terang Arif. Rahman.

Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh dari kegiatan yang telah dilakukan, ada beberapa kendala yang ditemukan seperti kegiatan atau acara yang dilakukan ketika masa libur kuliah, sehingga ada Ormawa yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini. Kedua, meskipun ada peningkatan pemahaman terkait program kerja Ormawa, tetapi peningkatan ini masih jauh dari target, sehingga durasi presentasi dan diskusi Ormawa tidak sesuai dengan rundown kegiatan.

Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa perlu ada kegiatan monitoring dan evaluasi II agar pemahaman pentingnya menyusun program kerja untuk Ormawa meningkat. Namun, peserta yang hadir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kemahasiswaan Semester I Tahun 2023 memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi sehingga memberikan dampak juga kepada kesuksesan kegiatan.[drn/Oky/Humas UB]