FILKOM Berpartisipasi Dalam Program Kerjasama ASEAN IVO 2022 di UTM

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya turut berpartisipasi dalam ASEAN IVO pada tahun 2022. Yang menjadi istimewa, FILKOM UB terpilih sebagai perwakilan dari tim Indonesia pada penelitian bersama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), University of Glasgow Singapore (UGS), Universiti Teknologi Brunei (UTB), Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR).

Penelitian yang berjudul “An IoT-based Data Collection and Analytics Framework using Bluetooth Proximity Beacons” menawarkan peningkatan layanan berupa penyediaan waktu perkiraan kedatangan (estimated arrival time/ETA) pada layanan transportasi bus publik/umum.

Penelitian bersama dimulai dengan diskusi awal pada kick-off meeting yang diselenggarakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru pada tanggal 15 Juni 2022. Perwakilan dari FILKOM UB dihadiri oleh Aditya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc., dan Eko Setiawan, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. secara luring serta Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D dan Agung Setia Budi, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. secara daring. Pertemuan tersebut membahas tentang rencana penelitian dan implementasi penelitian pada lokasi uji transportasi umum di Johor Bahru, Malaysia dan Malang, Indonesia.

Diskusi pada kick-off meeting juga turut menghadirkan perwakilan dari NICT, Jepang dan perwakilan dari perusahaan transportasi umum PAJ, Malaysia. Pada pertemuan pertama ini dibahas tentang implementasi perangkat pelacak pergerakan bus pada PAJ Malaysia, rencana implementasi di bus sekolah Kota Malang, pembuatan aplikasi bagi pengguna, pengolahan data mentah dari sensor hingga menghasilkan waktu perkiraan kedatangan menggunakan machine learning. Kolaborasi penelitian bersama ini direncanakan akan dilaksanakan dalam kurun 2 tahun dengan evaluasi hasil penelitian setiap tahunnya.[drn]