FILKOM Inisiasi Kerjasama Pembuatan Website Dengan Kyushu Institute Of Technology Japan (KYUTECH)

  

Tim dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui kegiatan Dosen Berkarya, bekerjasama dengan Kyushu Institute Of Technology Japan (KYUTECH) dalam pembuatan dan pengembangan website dengan membawa tema Kerjasama “Design Of Website Technopreneurship In Elderly And Disabled Information Technology Assistive Technology (Perancangan Halaman Situs Technopreneurship dalam Teknologi Informasi Asistif untuk Kaum Lansia dan Disabilitas)”. Tim Dosen yang diketuai oleh Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. ini memulai proses perancangan web sekitar bulan Agustus dengan anggota Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT.; Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom.; Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D; dan Dr. Kariyoto, S.E., M.M., Ak.

Dalam kegiatan ini pihak FILKOM berkoordinasi dengan Prof. Chikamune Wada, PhD. Beliau adalah profesor di bidang Human-Function Substitution System di KYUTECH. Prof. Wada mengelola laboratorium riset di bidang Assistive Technology, Biomedical Engineering, Ergonomics, Human Interface. Selama ini hasil riset dari laboratorium ini masih disebarkan di kalangan internal fakultas dan universitas, serta beberapa kali disajikan dalam konferensi nasional di Jepang atau dalam jurnal. Karena salah satu sasaran dalam hasil riset tersebut adalah lansia dan kaum difabel, Prof Wada mengharapkan adanya situs web khusus yang relatif mudah diakses oleh sasaran tersebut sehingga manfaat langsung dari riset dapat dirasakan. Hal tersebut yan menjadi tujuan dalam pembutan website oleh FILKOM dengan KYUTECH.

Segmentasi website ini adalah pada student, praktisi, peneliti yg mempelajari atau mendalami tentang teknologi untuk para lansia dan disabilitas sehingga dalam website tersebut juga berisi artikel berita dan hasil penelitian dari Prof. Wada dan timnya tentang teknologi informasi untuk memfasilitasi lansia dan difabel. Dengan adanya inisiasi kegiatan Dosen Berkarya ini, diharapkan adanya kontribusi mewujudkan Visi dan Misi UB, pada khususnya Misi kedua yaitu Menyelenggarakan peran perguruan tinggi sebagai agen pembaruan, pelopor dan penyebar ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan humaniora serta sebagai agen pembangunan ekonomi bangsa dengan berdasar pada nilai kearifan lokal dan luhur.[drn]