FIKES Lakukan MoA dengan University of Manchester United Kingdom

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (Fikes UB) melakukan penandatanganan dokumen Implementation Agreement dengan University of Manchester United Kingdom (UoM UK).

Penandatanganan dokumen tersebut merupakan umpan balik dari Delegasi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Brawijaya (UB) yang diketuai oleh Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, M. Kep., Sp. Kep.J pada saat melaksanakan kegiatan Dosen Berkarya di UoM UK.

Tujuan dari hibah ini adalah memfasilitasi internasionalisasi UB dengan memperkuat kegiatan kerjasama internasional dan meningkatkan jumlah kerjasama  universitas QS 100 hingga 300.

Pada tanggal 6 November 2023, sebanyak tiga delegasi FIKES UB yang terdiri dari  Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, M. Kep., Sp. Kep.J,  Dr. Kuswantoro Rusca Putra SKp. M.Kep., dan Ns. Evi Harwiati Ningrum, S.Kep., MHSM berangkat ke Manchester untuk mempresentasikan hasil research dan kajian literatur di The university of Manchester.

Dr. Heni mengusung judul Adequate Maternal Mental Health and Psychological Adaptation (Ub-Uom): Optimization Of Mental Health, Emotional, and Psychological Adaptation Among Mothers And Families During Pregnancy to Postpartum yang merupakan project bersama di bidang Kesehatan jiwa.  

Penelitian ini berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan mental ibu hamil mulai proses kehamilan hingga post partum. Data WHO (2022) menunjukkan sebanyak 20% ibu hamil mengalami masalah kesehatan jiwa maternal seperti kecemasan dan depresi selama kehamilan dan postpartum. Di Indonesia sebanyak 373.000.000 ibu primigravida mengalami kecemasan ringan hingga sangat berat (22,5%-30%) dan 42,8% mengalami kecemasan menjelang persalinan dan resiko bunuh diri. Kesehatan jiwa maternal memberikan dampak fisik dan psikologis bagi ibu dan bayi diantaranya antenatal yang buruk, persalinan prematur, kematian, kurangnya keterlibatan emosional, penelantaran terhadap bayi yang dilahirkan dan masalah pada interaksi ibu dengan bayi.

Sedangkan dua dosen anggota lain yaitu Dr. Ns. Retno Lestari., S.Kep.M.Nurs , dan Dr. Ns. Lilik Supriati., S.Kep.M.Kep ., berpartipasi melalui pertemuan online. Pada tanggal 8 November 2023 pukul 09.00 waktu setempat diadakan seminar bersama kelompok kajian Kesehatan Mental UoM.

Beberapa peserta dari UoM antara lain Emily Vicary MPsycholSci (Hons) MBPsS, RMN, Laoise Renwick BNS, PGCE, PhD., Dr. Gokce Cokamay Yilmaz, and Dr.dr. Asri Maharani memaparkan beberapa hasil kajian researchnya. Di awal dan di akhir seminar delegasi UB dipersilahkan untuk mempresentasikan profil FIKES UB dan beberapa hal yang dapat menarik sataf UoM untuk berkegiatan di UB.

“Project penelitian bersama ini diharapakan dapat memberikan solusi berdasarkan data untuk menciptakan program peningkatan kesehatan jiwa pada ibu hamil dan pasca melahirkan. Kegiatan Research Fellowship ini dilaksanakan bersama dengan Helen Brooks yang merupakan kepala Mental Health Research Group pada bidang Keperawatan, Kebidanan, dan Social Works. Luaran wajib yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah PKS/MoA dengan Mitra yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas dan mencantumkan nama Program Studi dan Submisi Artikel Penelitian pada Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Q1,” kata Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati. (*/Humas UB)