Fapet Lakukan Pendampingan Pakan Ternak Kambing Perah di Kabupaten Malang

integrated farming kopi dan lamtoro

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Sidomulya, Desa Bangelan, Kromengan, Minggu (6/11/2022). Tim diketuai oleh Dr. Marjuki beranggotakan Prof. Hartutik, Prof. Kusmartono, Dr. Hermanto, Asri Nurul Huda, M.Sc., dan Aulia Puspita Anugra Yekti, M.Sc. Mereka juga melibatkan mahasiswa Program Sarjana (S1), antara lain Galuh Fitria Yolanda, Indah Kartika Sari, Yuli Nur Latifah, Moh. ALif Fayqol Azmi, dan Devan Puji Dewantara.

Kegiatan dikemas dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan pakan ternak kambing perah kepada kelompok ternak Karya Mulya. Menurut Asri, populasi kambing perah di sana tinggi dan berpotensi untuk dikembangkan. Di samping itu ketersediaan hijauan pakan pun melimpah karena adanya PT. Perkebunan Nusantara XII yang membudidayakan kopi.

Namun karena keterbatasan pengetahuan peternak maka pemberian pakan belum optimal. Tim dari Fapet UB memberikan sosialisasi tentang penggunaan konsentrat untuk meningkatkan produksi susu kambing. Serta olahan pakan memanfaatkan lamtoro yang tumbuh diantara pohon kopi.

Ketua kelompok Dadang menyampaikan bahwa adanya pendampingan selama dua tahun terakhir dari pihak Fapet UB membawa dampak baik dan kesadaran peternak akan penggunaan konsentrat untuk kambing perah. Sementara itu Kepala Dusun yang juga peternak milenial, Rizal mengemukakan pemuda karang taruna Dusun Sidomulyo berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan produksi susu kambing perah. (dta/Humas UB)