Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Rapat Kerja dan Evaluasi Kegiatan Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Minggu (27/08/2023).
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P saat membuka acara menyampaikan, secara umum seleksi masuk baik jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) berjalan dengan sangat baik.
“UB sebagai salah satu pusat pelaksanaan UTBK menduduki peringkat lima nasional jumlah peserta terbanyak dalam satu gelombang. Kami harap tahun depan dapat menyediakan infrastruktur lebih banyak, sehingga lebih banyak lagi jumlah peserta yang dapat dilayani,” papar Imam.
Imam juga memastikan proses penerimaan SNBT 100 persen murni dari hasil tes UTBK. UB juga menyediakan fasilitas sanggahan atau keberatan atas ketidakpuasan hasil seleksi yang sudah dilewati dengan baik dan lancar.
“Kami mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penerimaan mahasiswa baru, sehingga semua proses dapat berjalan baik. Kolaborasi yang baik dari smua pihak diharapkan dapat meningkatkan perbaikan tata kelola, sehingga dapat berjalan lebih baik lagi di masa yang akan datang,” harap Imam.
Kegiatan ini dirangkai dengan Laporan dan Evaluasi Pelaksanaan SNBT oleh Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B, Laporan Proses Administrasi Penerimaan Maba SNBT dan TIK oleh Direktur Direktorat Teknologi Informasi Dr. Raden Arief Setyawan, S.T., M.T, dan evaluasi pelaksanaan UTBK dari tim Satuan Pengawas Internal (SPI) UB.
Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B merekomendasikan peningkatan kemampuan pengawas dalam menangani permasalahan yang muncul saat tes, serta distribusi tugas yang merata di masing-masing lokasi.
Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Dr. Rosihan Asmara, S.P., M.P dan tim, tim Direktorat Anggaran dan Perbendaharaan, tim Direktorat Teknologi dan Informasi, tim pengawas, Kepala TU seluruh fakutas, serta tim Divisi Informasi dan Kehumasan. [Irene]