Workshop Pengenalan Sistem Berbasis Kecerdasan Buatan Bagi Guru SMK

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Pada tanggal 2 Oktober 2023 bertempat di SMK Telkom, Laboratorium Robotika dan Embedded System FILKOM UB menyelenggarakan pengabdian berupa kegiatan pelatihan, pengenalan, dan penerapan teknologi AI. Ketua tim pelaksana pengabdian, Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Ph.D., menyampaikan, tujuan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi guru SMK Telkom Malang. Selain itu, juga untuk mengembangkan pembelajaran AI di SMK Telkom Malang, sehingga lulusannya dapat berkontribusi di era industri 4.0 terutama dalam bidang AI.

Bersama dengan anggota dari tim pengabdian masyarakat FILKOM UB  Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, ST., MT.,  Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., Ph.D., dan  Ir. Hurriyatul Fitriyah, ST., M.Sc. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah presentasi dan diskusi terkait penjelasan terkait pengenalan AI.

Melalui kegiatan ini bisa diharapkan guru SMK Telkom Malang dapat memahami konsep dasar AI, mampu menerapkan teknologi AI, mampu mengimplementasikan algoritma AI yang diterapkan misalnya bidang biomedis dengan mengintegrasikan hardware dan software, kemudian hasil penerapan teknokogi AI berupa produk tersebut akan diberikan ke pihak sekolah sebagai penerapan teknologi tepat guna kepada masyarat, ataupun secara khusus untuk SMK Telkom Malang. (rr/OKY/Humas UB)