WADEK Tiga FISIP UB Tekankan Pentingnya Potensi Diri

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

FISIP UB -Malang- Mahasiswa harus percaya, setiap individu memiliki potensi yang dititipkan Allah dalam diri manusia. Potensi itu tidak boleh dibunuh, tetapi harus dihidupkan, dibangkitkan, atau dipupuk sehingga bisa menjadi pribadi yang potensial.

Pernyataan itu dikemukakan Wakil Dekan Tiga Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB), K.H. A. Muwafik Saleh, S.Sos., M.Si, Sabtu (10/10) ketika membuka acara STUDENT DAY 2 secara daring dengan agenda Perkenalan LKM/ LSO FISIP UB  yang seluruh mahasiswa baru (Maba) FISIP UB.

Berdasarkan survey menurut dosen komunikasi FISIP itu, keberhasilan seseorang di dunia kerja bukan hanya ditentukan tingginya Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Karena IPK berada di posisi ke-21 faktor keberhasilan di dunia kerja.

“Sedang yang berada di posisi pertama hingga ke 10 justru segala hal yang bersifat keterampilan (soft skills, kepemimpinan (leadership) dan kemampuan kerjasama. Semua itu bisa diperoleh dari pengalaman organisasi,” ujar dosen murah senyum itu

Karena itu Muwafik menyarankan agar seluruh maba dapat terlibat aktif di organisasi kemahasiswaan yang ada di FISIP UB. Di fakultas itu terdapat 23 organisasi yang siap menampung potensi semua Maba. Jangan sampai ada satu mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Semuanya harus aktif walaupun sekarang masih daring.

Organisasi yang dituturkannya yakni 23 (dua puluh tiga) LKM/ LSO yang dimiliki FISIP UB sebagai wadah yang difasilitasi untuk mahasiswa dapat mengeksplore potensi yang dimiliki. Dengan begitu, kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk memperkenalkan profil dan struktur kepengurusan sehingga kesatria jingga dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat.

Muwafik mangatakan jika dia pernah interview di sebuah perusahaan dan yang dibutuhkan dari seorang pekerja terkait keterampilan organisasinya. Tentang IPK 3,9 bahkan 4 hanyalah persyaratan administratif. Sedangkan potensi keja sama, dapat memecahkan permasalahan itu yang pertama kali dilihat.

Bagi dia tahun ini adalah tahun spesial dimana sejarah pertama manusia dalam melaksanakan organisasi secara daring. Dia juga meminta agar maba yang mengikuti organisasi bisa mengumpulkan setifikatnya agar pada semester enam atau tujuh bisa digunakan untuk penyeteraan magang dimana jika poin mencapai 300.

Pada akhir sambutan, Muwafik mengucapkan selamat mengikuti kegiatan student day, selamat bergabung di dunia kemahasiswaan, dan selamat berprestasi. (val/mon/Humas)

  From Berita UB

 See also