UB Raih Penghargaan Instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

UNIVERSITAS BRAWIJAYAUniversitas Brawijaya (UB) terpilih sebagai salah satu dari lima instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter – Anti Kekerasan Seksual pada Puncak Perhelatan Pekan untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) Desember 2022.

Kegiatan PUSAKA ini sendiri diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai wadah dalam memberikan apresiasi terhadap insan maupun instansi yang memiliki aksi nyata terhadap Kebijakan Penguatan Karakter.

Dalam implementasinya, UB sukses memberikan aksi nyata berupa kebijakan penguatan karakter anti kekerasan seksual, yang tertuang dalam PERTOR 70-2020-Kekerasan Seksual dan Perundungan. Aksi nyata tersebut dilakukan melalui pendiriaan ULTKSP di masing-masing fakultas, pembentukan dan pelaksanaan satgas PPKS, kegiatan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual lain seperti psikoedukasi pencegahan, penanganan kekerasan seksual dan perundungan melalui media sosial, survey pemetaan kebutuhan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, layanan pelaporan dan pendampingan, pemberian pelatihan dan buku saku psychologycal first aid, penanganan kekerasan seksual, pelatihan dosen penasehat akademik dan peer conselor, serta FGD antara satgas PPKS dengan ULTKSP masing-masing fakultas dan P3 EM.

Dengan adanya implementasi yang mengakar tersebut, UB dianggap mampu menanggulangi kekerasan seksual dan perundungan di lingkungan kampus.

“Harapan kedepan, semoga UB dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan bebas dari perundungan serta kekerasan seksual,‚ÄĚkata Kepala Subdirektorat Konseling, Pencegahan Kekerasan Seksual, dan Perundungan Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi.