UB Luncurkan Program Dokar di Hardiknas

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Fakultas Pemenang Kategori Kemahasiswaan

Universitas Brawijaya (UB) meluncurkan program Dosen Berkarya (Dokar) pada saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Minggu (2/5/2021).

Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr.Ir. Muhammad Sasmito Djati menjelaskan Dosen Berkarya merupakan program baru yang diluncurkan UB dan berhubungan dengan profesionalisme.

“Program baru yang dilaunching di Hardiknas kali ini melibatkan kerjasama antarlembaga, bukan seperti Doktor Mengabdi yang fokusnya ke masyarakat,”katanya.

Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Reproduksi Molekuler tersebut menambahkan dosen akan bertindak layaknya konsultan pada perusahaan dan organisasi seperti LSM, NGO, Muhammadiyah, dan NU.

“Output yang ingin dihasilkan dari program Dosen Berkarya adalah banyaknya kerjasama yang bisa dijalin antara UB dan lembaga. Jadi yang berinisiatif nanti harus fakultas atau jurusan bukan dosen atau individu,”katanya.

Dalam peringatan Hardiknas kali ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim melalui pidatonya yang dibacakan oleh Rektor Prof. Nuhfil Hanani, AR., M.S. menjelaskan,  ada empat upaya yang tengah dilakukannya untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.
Pertama perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.

Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan.

Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi dan asesmen.

Nadiem mengatakan seluruh upaya tersebut dirangkum dalam program Merdeka Belajar yang kini sudah mencapai episode kesepuluh.

Selain peluncuran Dosen Berkarya, dalam peringatan Hardiknas juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah fakultas atas prestasi dan kerja kerasnya dalam Implementasi Merdeka Belajar

Untuk kriteria Peningkatan dan Kontribusi Pendapatan adalah Fakultas Kedokteran (juara 1), Fakultas Ilmu Administrasi (juara 2), dan Vokasi (juara 3).

Kriteria Kemahasiswaan adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 1), Fakultas Kedokteran (juara 2), dan Fakultas Teknologi Pertanian (juara 3)

Kriteria jumlah mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa adalah Fakultas Kedokteran Hewan (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3)

Kriteria Pemeringkatan Internasional adalah Fakultas Pertanian (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 3).

Kriteria Jumlah Mahasiswa dalam program Bangkit adalah Filkom (juara 1), FMIPA (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3).

Kriteria Jumlah Mahasiswa yang terlibat Permata Merdeka adalah Fakultas Ilmu Budaya (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Hukum (juara 3).

Kriteria Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam program Kampus Mengajar adalah Fakultas Ilmu Budaya (juara 1), FMIPA (juara 2), dan FPIK serta FISIP (juara 3).

Kriteria Center of Excellence adalah Fakultas Pertanian (juara 1), FILKOM (juara 2)

Kriteria Competitive Fund adalah FMIPA (juara 1), Fakultas Peternakan (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3).

Kriteria Penyelenggaraan Kelas Kolaboratif adalah Fakultas Teknik (juara 1), Fakultas Kedokteran (juara 2), dan Fakultas Kedokteran Gigi (juara 3).

Kriteria Pelaksanaan 8 bentuk MBKM Fapet (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Ilmu Budaya (juara 3).

Kriteria Kerjasama kurikulum MBKM adalah Fakultas Teknologi Pertanian (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2), dan Fakultas Pertanian (juara 3).

Kriteria Penyerapan Anggaran adalah FMIPA (juara 1), Fakultas Ilmu Administrasi (juara 2), dan Fakultas Ilmu Budaya (juara 3)

Kriteria Penambahan jumlah profesor adalah Fakultas Peternakan (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2) dan Fakultas Ilmu Administrasi (juara 3)

Kriteria Program Peningkatan Doktor adalah Fakultas Kedokteran (juara 1), Fakultas Pertenakan (juara 2), dan Fakultas Hukum (juara 3). (OKY/Humas UB).