UB Ciptakan Lemari Steriilisasi APD Tenaga UV

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Wakil Rektor II UB Saat Mengunjungi Workshop UB Tech

Universitas Brawijaya (UB) kembali menghasilkan inovasi untuk menanggulangi pandemi COVID-19. Kali ini, dibawah koordinasi UB Tech, UB membuat lemari sterilisasi untuk memudahkan kerja tenaga medis di rumah sakit, sekaligus memastikan keamanan APD yang digunakan.

Lemari sterilisasi ini bekerja menggunakan sinar Ultra Violet yang dipancarkan oleh delapan buah lampu, dengan daya lampu masing-masing sebesar 40 watt.

“Alat Pelindung Diri yang akan disterilisasi dimasukkan ke dalam lemari ini, untuk diputar agar seluruh permukaan terpapar lampu UV” ujar Bayu Abi Pamungkas selaku koordinator tim mahasiswa UB Tech.Kecepatan rotasi, menurut Bayu dapat di atur menjadi 3, kecepatan lambat (1 rpm), kecepatan sedang (5 rpm) dan kecepatan tinggi (10 rpm), tergantung kebutuhan.

“Lama prosesi sterilisasi juga dapat diatur. Pada pengujian terakhir, waktu 30 menit sudah cukup untuk sekali sterilisasi”, jelasnya. Durasi sterilisasi yang singkat ini juga dapat membantu tenaga medis bekerja dengan cepat tanpa harus menunggu lama untuk sterilisasi APD.
Lemari ini bermula dari munculnya kelangkaan APD pada saat pandemi COVID-19 di Kota Malang.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, UB Tech menghasilkan solusi berupa diciptakannya Lemari Sterilisasi APD ini. Perkembangan saat ini, lemari ini masih dalam proses riset purwarupa dan pengujian efisiensi. “Proses pembuatannya bisa sampai satu bulan”, jelas Bayu. [vicky]

  From Berita UB