UB Berikan Bantuan Dana Lewat Program Kredensial Mikro

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Universitas Brawijaya (UB) memberikan bantuan dana sebesar Rp 500.000 bagi mahasiswa yang lolos mengikuti Program Kredensial Mikro. Kredensial Mikro merupakan sertifikasi keterampilan atau kompetensi dalam bidang ilmu tertentu yang diberikan oleh penyelenggara resmi dan profesional kepada seseorang yang telah berhasil menempuh serangkaian tahap yang diprogramkan. Sosialisasi program dilakukan secara daring kepada seluruh mahasiswa UB, Rabu (29/5/2024).

“Program tersebut akan memberikan pembelajaran kepada mahasiswa yang bisa dilaksanakan secara daring maupun luring. Program Kredensial Mikro dirancang dalam waktu tempuh yang singkat agar memberikan fleksibilitas dan kemudahaan akses bagi seseorang dalam memperoleh keterampilan maupun kompetensi baru atau meningkatkan kompetensi yang ada,” kata pemateri kegiatan Ir. Dewi Hardiningtyas, ST., MBA., M.T.

Dia menambahkan, program bantuan kredensial mikro seperti halnya mata kuliah atau courses yang dapat diambil mahasiswa.

Mahasiswa dari program kredensial mikro ini dapat belajar mata kuliah dari Universitas dalam dan Luar negeri. Seperti halnya jika mahasiswa teknik mengikuti program kredensial mikro ini dapat mempelajari materi dari perguruan tinggi lain seperti mata kuliah mengenai mekanika tanah di Chang’an University atau mahasiswa psikologi dapat mengikuti mata kuliah psikologi di Tsinghua University.

Melalui program ini, mahasiswa juga bisa mendapatkan sertifikasi resmi. Program ini dilaksanakan karena melihat potensi-potensi dan manfaat yang cukup besar.

“Jadi selain mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi, mahasiswa dapat memperkaya ilmu dari sumber daya lain diluar kampus, juga mendukung kinerja perguruan tinggi” kata dosen Teknik Industri tersebut.

Untuk mengikuti program kredensial mikro ini perlu dicatat bahwa program ini akan dibuka pada tanggal 27 Mei-3 Juni 2024 melalui link (https://link.icei.ac.id/pilihmk6) dan juga melalui link (https;//s.ub.ac.id/daftarkredensialmikro).

Untuk mendapatkan pendanaan ini terdapat syarat yang harus diperhatikan oleh mahasiswa untuk mendaftar program bantuan ini seperti minimal mahasiswa semester 4 sarjana, diploma, atau sarjana terapan, mengikuti program kredensial mikro dan melaporkan kepada panitia.

“Persyaratan untuk mendapatkan bantuan yaitu mahasiswa aktif sarjana, sarjana terapan atau diploma, minimal semester 4 disaat sosialisasi berlangsung, dapat mengikuti pembelajaran di platform ICE dan lainnya, aktif menyelesaikan pembelajaran sampai mendapatkan sertifikat dan disetujui ketua program studi” kata Dewi. (ROM/OKY/Humas UB).