Tim RG Red Meat Producers Terapkan MBKM Bidang Kewirausahaan

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Anggota tim Riset Grup Red Meat Producers (RG-RMP) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) melakukan kegiatan Dosen Berkarya (Dokar) dengan menyambangi PT. Cianjur Arta Makmur (CAM), Jumat (1/10/2021). Diketuai oleh Dr. Nanang Febrianto, tim terdiri dari Prof. Trinil Susilawati, Rizki Prafitri, Ph.D, Asri Nurul Huda, M.Sc, Aulia Puspita Anugra Yekti, M.Sc, dan Artharini Irsamyawati, MP.

Kunjungan ke salah satu anak perusahaan holding PT. Widodo Makmur Perkasa itu guna membahas kerjasama penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bidang kewirausahaan. Implementasinya mahasiswa terjun langsung ke PT. CAM untuk mempelajari pengelolaan usaha pemasaran. Sehingga mereka memperoleh wawasan dan pengetahuan dari dunia industri.

Dr. Nanang mengatakan melalui kegiatan MBKM diharapkan mahasiswa dapat merealisasikan usaha pemasaran produk peternakan sejak masih di bangku kuliah dan dilanjutkan setelah lulus. Maka kedepannya akan menjadi seorang pengusaha muda bidang peternakan.

Usai melakukan diskusi di kantor utama yang terletak di Cilengsi, tim dokar menilik tempat produksi di Cianjur. Antara lain unit pengolahan produk daging dan unit rumah potong hewan (RPH). Daging sapi olahan diperoleh dari farm PT. Pasir Tengah Cianjur, yang merupakan anak perusahaan holding PT. Widodo Makmur Perkasa.

Pemotongan sapi dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) secara halal. Kemudian diproses lebih lanjut menjadi produk daging chilled beef yang berkualitas premium, yangmana menjadi unggulan produk.

Sementara produk daging olahan yang dihasilkan bervariasi mulai dari bakso, sosis premium, rolade dan minipao dengan berbagai varian rasa. Pada kegiatan tersebut didampingi secara langsung oleh Direktur Utama PT. CAM, Saiful ,S.Pt dan Direktur Pemasaran, Yasa Afroni, S.Pt. (dta/Humas UB)