Tim Humanoid FILKOM Lolos KRSBI

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) untuk Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid berhasil lolos seleksi proposal  tahap I dan telah menjalani seleksi tahap dua secara daring pada Jumat (25/9/2020). Dibawah bimbingan dosen FILKOM Rizal Maulana, S.T., M.T., M.Sc., tim beranggotakan empat mahasiswa Program Studi Teknik Komputer, yaitu William Hutamaputra (2017), Muhammad Sulthon Yazid Basthomi (2017), Abdullah Faqih (2018) dan Andre Adikusuma (2018).

KRSBI Humanoid ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu lomba lari 12 m, lomba menggiring bola dan lomba kerjasama robot. Pada seleksi tahap II ini satu tim berhadapan dengan satu tim lain yang berlaga di tempat/Perguruan Tinggi masing-masing dan dipantau oleh Juri dan Panitia secara daring melalui video conference. Pemenang ditentukan berdasarkan waktu tercepat seperti pada olahraga atletik.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam kompetisi ini, antara lain kelayakan lapangan, tata letak kamera dan ketiga ukuran robot. Untuk kategori lomba lari, robot harus berlari bolak balik sejauh total 12 meter. Untuk kategori menggiring bola, hampir sama dengan kategori lari tapi kali ini robot harus berlari sambal menggiring bola. Sementara itu untuk kategori kerjasama robot, ada dua robot yang harus bekerjasama menggiring dan mengoper bola untuk dimasukkan ke dalam gawang. Jika lolos pada seleksi tahap II ini maka tim akan mewakili UB pada lomba KRSBI Humanoid tingkat Regional yang akan diselenggarakan secara daring pada 9 – 13 Oktober 2020.

“Harapannya kami bisa mengharumkan nama baik Universitas Brawijaya,” ujar William pada Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H., staf Bag. Kemahasiswaan Filkom. [dna]

  From Prestasi

 See also