SI-LANDRI, Aplikasi Bagi Pengusaha Laundry di Masa Pandemi

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Lima mahasiswa Alvu Sya’ban Al Kareem (FPIK 2017), Winda Lestari Marhaningsih (FPIK 2017), Diana Permatasari (FPIK 2017), Griselda Anjeli Sirait (FILKOM 2017) dan Adynsyah Nanda Putra (FPIK 2018) membuat aplikasi berbasis android bernama SI-LANDRI. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi usaha laundry dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.
Alvu, salah satu anggota tim menjelaskan SI LANDRI merupakan sebuah aplikasi yang menghubungkan usaha laundry kecil dan menengah serta mempermudah pemasaran dan standarisasi prosedur sesuai standar kesehatan bagi mitra laundry dan mengusung konsep app-based untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas jasa layanan laundry.
Pada aplikasi SI-LANDRI tersedia informasi tentang tempat laundry terdekat, pilihan layanan laundry (cuci kering, cuci kering setrika, setrika), pilihan lama pengerjaan, aroma parfum yang digunakan, waktu penjemputan dan pengantaran laundry , metode pembayaran serta pelacakan proses pengerjaan laundry secara realtime.
Konsumen juga dapat memberikan feedback kritik dan saran pada kolom yang tersedia pada menu di aplikasi.
Melalui aplikasi SI LANDRI, pengusaha laundry yang bermitra akan mendapat dukungan pengembangan dan pemasaran melalui semua akun media sosial.
mitra aplikasi SI-LANDRI akan mendapatkan pelatihan cara penggunaan alat dan Standard Operating Procedure laundry dan didukung dengan teknologi canggih yang efisien dalam pengaplikasiannya.
Hal ini ditujukan untuk menjamin hasil layanan dan kepuasan konsumen outlet laundry yang bekerjasama dengan SI-LANDRI.
Usaha laundry yang bermitra dengan SI-LANDRI mendapat berbagai keuntungan yang tertuang dalam Standard Operating Procedure (SOP) Kemitraan yang sesuai standar protokol kesehatan seperti mendapat alat dan bahan terstandarisasi yaitu parfum,pelembut,sabun cuci, pelicin,alat tagging pakaian, alat disinfeksi serta paket alat pelindung diri yang terdiri dari masker kain,sarung tangan dan faceshield.
Aplikasi SI-LANDRI nantinya dapat diunduh melalui play store maupun app store serta dapat diakses melalui website resmi SI LANDRI yaitu silandri.epizy.com.
Selain untuk membantu mengkampanyekan konsep laundry yang aman dan mengembangkan usaha laundry kelas menengah kebawah dengan standarisasi prosedur dan pemasaran terlebih untuk bangkit di era pandemi, SI LANDRI juga ikut andil dalam menghadapi era digitalisasi serta revolusi industri 4.0. Masyarakat akan lebih dimudahkan dalam pelayan kebutuhan sehari hari, termasuk layanan laundry dengan memanfaatkan perangkat ponsel pintarnya. Melalui karya kreatif ini diharapkan dapat menjadi pilot project dan diterapkan di seluruh Indonesia sehingga dapat menggeliatkan kembali ekonomi UMKM. [ALV/Humas UB]