Rebranding Pertanian melalui AGRIFYU

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Mindset remaja yang buruk terhadap pertanian akan berdampak negatif bagi minat pertanian masa depan. Hal tersebut dapat menyebabkan keterbatasan sumber daya alam dan tenaga ahli di bidang pertanian, ketergantungan petani pada pihak asing, dan berpotensi terjadi krisis pangan tidak dapat dihindari lagi. Menurunnya minat remaja bekerja di sektor pertanian ditandai dengan meningkatnya sektor non pertanian terutama di bidang industry

Melihat fenomena ini, kelima cendikiawan muda Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya tergerak untuk melaksanakan uji efektifitas educational web games dalam merevitalisasi mindset remaja terhadap pandangannya terhadap sektor pertanian dengan menggunakan media game edukatif AGRIFYU

Kelima mahasiswa tersebut adalah Nadya Y Hi Wahid, Ni Wayan Atik Sarmila, Gabe Arif Ditama Sinaga, Qonita, Felicia Lovillca dibawah bimbingan Medea Rahmadhani Utomo, SP., M. Si.

Game edukatif menjadi solusi yang dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta revitalisasi pola pikir pada remaja. Game edukatif seperti HiFarm Education, Ecofunopoly dan Eduagri sudah mulai dikenalkan serta digunakan sebagai media edukasi pertanian.

Namun faktanya game tersebut hanya dapat memperkenalkan pertanian secara dasar dan tanpa adanya penjelasan lebih lanjut. Selain itu, game-game yang beredar dan yang banyak diketahui hanya berfokus pada anak usia dini, padahal media game edukasi juga efektif untuk diterapkan dan diimplementasikan oleh remaja

AGRIFYU berbasis educational web games merupakan sebuah game edukatif yang menarikĀ  dan dapat dimainkan oleh remaja untuk memperdalam pengetahuan terkait prospek di sektor pertanian.

Permainan AGRIFYU merupakan salah satu game edukatif pertanian yang tersedia di website Educandy. Game edukatif ini terdiri dari tiga jenis sub-game yang harus dimainkan secara berurutan mulai dari game word findings, guessing picture serta monopoly.

Setiap sub-game pada AGRIFYU mengangkat konsep pertanian modern yang berisi teknologi dalam kegiatan budidaya, sistem tanam, tata cara pengolahan lahan dan pengembangannya, serta prospek kerja dan peluang usaha dari setiap tema yang diangkat.

Dengan hadirnya inovasi ini, diharapkan mampu memberikan rekomendasi game yang mampu meningkatkan minat anak di sektor pertanian di Indonesia akan lebih maju, dan menciptakan insan-insan yang unggul dalam berbagai jenis pekerjaan di bidang pertanian masa depan. Sehingga Indonesia mampu memiliki remaja cerdas yang nantinya dapat meneruskan bidang agraris dan mendung Sustainable Development Goals 2030