Rachel Priscila, Mawapres FISIP Terpilih 2022

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Rachel Priscila Wulan, mahasiswa Ilmu Politik 2020 terpilih menjadi Mahasiswa Beprestasi (Mawapres) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya. Proses pemilihan Mawapres dilakukan pada tanggal 8-9 Oktober 2022.

Terpilihnya Rachel sebagai mawapres akan menjadi representasi FISIP dalam pemilihan mawapres tingkat Universitas Brawijaya.

Rachel terpilih setelah 5 juri dalam ajang FISIP Outstanding Forum diantaranya Dosen Psikologi, Dosen Ilmu Pemerintahan, Researcher dari lembaga peneliti, Mawapres Utama FISIP 2021, serta Mawapres Utama II Universitas Brawijaya 2022 sepakat memberikan nilai terbaik untuknya.

Selain syarat administrasi, keberhasilan Rachel terpilih sebagai Mawapres FISIP 2022 juga karena mengangkat gagasan tentang Zero Waste Village.

“Saya membawakan gagasan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 2, yakni end hunger, achieve food security and improved nutrition, and promote sustainable agriculture by 2030 yang berhasil dikombinasikan dengan situasi di revolusi 4.0. Dengan gagasan kreatif yang berjudul ZERO WASTE VILLAGE: Implementasi ‘Zero Waste Agriculture’ dari Perspektif Politik Lingkungan di Desa Wonosari untuk Mencapai ‘Zero Hunger’ di Jawa Timur,” ujarnya.

Dalam gagasannya, Rachel menuliskan usahanya untuk menyelesaikan permasalahan dari lingkup terkecil yang kemudian dapat menjadi fondasi bersama ketika melangkah pada lingkup yang lebih luas.

“Ada hal yang menjadi berkesan untuk saya adalah pada saat kami benar-benar memaknai jargon dari jurusan kami, yaitu ‘Politik Utuh, Kuat, Satu Tekad’ ketika sebagian dari mereka pun turut ikut dalam mewarnai FISIP Outstanding Forum kemarin. Ada rasa familiar ketika saya harus presentasi dan itu mengurangi rasa gugup yang saya sempat rasakan sebelum naik ke panggung,” cerita Rachel.

Ia berharap dengan semangat untuk mewarnai tanah jingga dengan prestasi tidak berhenti di mereka yang mengikuti FISIP Outstanding Forum saja, melainkan akan ada regenerasi secara masif dalam perjalanannya.

“Satu hal lagi, saya berharap mendapatkan dukungan serta doa dari teman-teman sekalian untuk maju ke tingkat universitas demi mendapatkan hasil yang sepadan,” pungkas Rachel.  (Uli/Humas FISIP/Humas UB)