Prof. Imam Santoso Kuatkan Karakter, Mengelola UB Dengan Hati

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP

Sidang Pleno Terbuka Senat Akademik Universitas (SAU) dalam rangka Kampanye Bakal Calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) 2022-2027 dilaksanakan di Gedung Samantha Krida UB (19/4/2022). Bakal Calon Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. memaparkan visinya yaitu “Menguatkan Karakter, Mengelola Dengan Hati, Membangun Reputasi UB Berdaya Saing Global”.

Perguruan Tinggi kedepan membutuhkan dukungan untuk mewujudkan visi misi UB. Hal ini tentu didukung oleh tata kelola perguruan tinggi yang baik dan reformasi birokrasi dari sisi SDM, sarana prasarana, keuangan/unit bisnis, dan sistem informasi.

Jika hal ini memberikan pondasi yang sangat kuat akan menjadi pilar penyusun reputasi terbaik UB. Sehingga bisa membangun reputasi akademik, reputasi riset dan inovasi, reputasi pengabdian masyarakat yang akan di rekognisi melalui indikator pemeringkatan.

Prof. Imam menjelaskan terdapat tujuh program strategis untuk mencapai visi misi tersebut antara lain melalui penguatan kinerja akademik/pembelajaran; penguatan bidang kemahasiswaan, penguatan bidang riset, inovasi, dan pengabdian masyarakat; penguatan bidang tata kelola dan budaya mutu; pengembangan usaha; penguatan kelembagaan; dan penguatan internasionalisasi.

“UB memiliki posisi yang sangat strategis. Saat ini UB dengan reputasinya sebagai perguruan tinggi berakreditasi unggul dan beberapa beberapa prodi telah terakreditasi internasional. Maka ini akan menjadi warna dan penentu dengan berbagai prestasi. Inilah yang akan kita akselerasikan. Prestasi mahasiswa, prestasi dosen, hilirisasi riset, dan sistem akademik atmosfer yang bagus apabila dilakukan dengan bagus maka kita akan menghasilkan puncak prestasi di periode 2027,” kata Prof. Imam dalam pemaparannya.

Target utama dari program Prof. Imam adalah meningkatnya reputasi internasional; penguatan rekognisi dan peran strategis; rekognisi karya inovasi bagi pembangunan; berkembangnya pusat kajian/kelompok riset terkemuka; meningkatnya posisi riset dan luaran di antara PTN-BH dan perguruan tinggi terkemuka luar negeri; peran dan tanggung jawab sosial UB bagi masyarakat; dan meningkatnya kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan.

Saat ini Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UB.

Prof. Imam pernah menjabat sebagai Staf Ahli Warek III UB, Ketua KPRI dan Wakil Dekan II FTP UB. (MIT/Humas UB).