Produk Kecantikan Binaan BIIW-UB Juara 3 Wirausaha Berprestasi Kemenpora

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

CEO Beauty Secret Kombucha Adinda Rizky Amelia saat menerima hadiah sebagai juara 3 Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2021.

Produk kecantikan binaan Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB), yakni Beauty Secret Kombucha, meraih juara 3 pada ajang Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2021. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga pada bulan Agustus hingga Oktober 2021.

CEO Beauty Secret Kombucha Adinda Rizky Amelia menyampaikan rasa syukurnya dapat memenangkan kompetisi tingkat nasional ini.

“Sebagai satu-satunya tim perwakilan dari Jawa Timur saya bersyukur sekaligus bangga. Melihat para pesaing yang sangat kompeten di bidangnya, saya tidak menyangka bisa masuk tiga besar nasional,” katanya.

Adinda mengikuti tahap seleksi administrasi pada bulan Agustus bersama 460 peserta lain dari seluruh Indonesia. Kemudian disaring menjadi 40 besar yang diseleksi kembali hingga ditentukan 3 finalis yang maju pada babak grand final di Jakarta. Pengumuman pemenang disiarkan secara langsung oleh TVRI Nasional, Rabu (28/10/2021).

Wanita yang biasa dipanggil Dinda ini menceritakan, produk kecantikan berupa skincare atau perawatan wajah ini sudah diteliti selama 12 tahun di bawah arahan inventor Guru Besar Bidang Ilmu Mikrobiologi dan Pangan Fermentasi Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP.

Beauty Secret Kombucha merupakan produk kosmetik berbasis fermentasi dari bahan baku daun teh pilihan menggunakan kultur kombucha, yakni Symbiotic Culture of Bacteria & Yeast (SCOBY).

“Saat ini banyak beredar skincare dari bahan kimia berbahaya, jadi saya tergerak untuk membuat skincare dari bahan alami, dan kandungan dari kombucha ini kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan kulit wajah di mana belum banyak diketahui masyarakat,” jelas alumni Fakultas Hukum UB ini.

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, maka produk kami aman digunakan untuk ibu hamil, menyusui, serta bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Dalam perjalanannya, Beauty Secret Kombucha dibina oleh BIIW UB, mulai dari pendanaan, hingga aspek legalitas seperti pendaftaran BPOM dan merek.

Sampai saat ini, produk yang telah dihasilkan antara lain, toner, facial wash, face mist, face mask, day cream, dan serum.

“Semoga ke depan produk Beauty Secret Kombucha semakin dikenal dan semakin banyak membawa manfaat untuk masyarakat Indonesia,” tutupnya. [Irene]